Wabup Amin: Gotong Royong Kunci Percepatan Penurunan Stunting di Bolmut

BNews, BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang mongondow Utara (Bolmut) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Peningkatan Stunting (Aksi 3) Rembuk Stunting.

Rakor yang dibuka dan dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Amin Lasena ini, berlangsung di Gedung Wanita, tepatnya di kawasan Pantai Batu Pinagut, Desa Boroko Timur, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolmut, Kamis 25 Mei 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Amin berharap pemerintah dan masyarakat harus bisa memiliki pemahaman sama dan konsep terkait dengan Stunting.

Karena, menurut Amin, jangan sampai saat bicara soal Stunting kepada masyarakat, sementara orang yang mengalami Stunting tidak mengetahui kalau dia adalah Stunting.

Baca JugaPemkab Bolmut Komitmen Turunkan Angka Stunting

Sementara, pelaksanaan kegiatan ini merupakan tahapan aksi ke 3 dari 8 aksi konvergensi penurunan Stunting di Kabupaten Bolmut.

Namun, pada aksi pertama, kita bersama telah menentukan dan menyepakati lokus desa-desa yang nantinya sebagai fokus dalam upaya penanggulangan Stunting di 2021.

Dilanjutkan pada aksi ke dua, dimana telah menyepakati bersama program, kegiatan dan pendataan terhadap desa Lokus.

“Karena pelaksanaan intervensi penurunan Stunting merupakan program pemerintah pusat yang bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota, sebagai upaya dalam rangka mencegah terjadinya kondisi gagal tumbuh pada anak,” jelas Amin Lasena.

Baca JugaBupati Bolmut Ingatkan ASN Agar Tidak Terlibat Politik Jelang Pemilu

Seperti sesuai arahan Presiden Joko Widodo, untuk di tahun 2024 angka Stunting harus turun pada posisi 14 persen.

Begitupun, kata Amin, mengutip yang disampaikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, untuk di 2024, angka penurunan Stunting harus target 0 persen.

“Untuk, kabupaten kita ditargetkan setiap tahunya harus turun 1 persen. Namun Bolmut angka Stuntingnya mencapai di angkat 2,61 persen,” ungkap Amin.

Sehingga itu, lanjut Amin, ini yang harus kita pikirkan bersama bagaimana cara untuk menurunkan angka Stunting tersebut.

Baca JugaDisdukcapil Bolmut Mulai Kenalkan Identitas Kependudukan Digital

Pada prinsipnya, marilah kita bekerjasama atau istilah dalam bahasa daerahnya ‘Molihuto’ (Gotong Royong) dalam pencegahan Stunting ini, serta bersama mencari resep untuk menanganinya.

“Karena ada tiga hal yang harus di jaga dalam kehidupan kita yaitu pola hidup sehat, pola asup dalam keluarga dan pola makan yang sehat, serta kita harus mempertahankan predikat terbaik yang diraih oleh Kabupaten Bolmut yaitu penanggulangan Stunting secara tiga tahun berturut-turut se Sulut,” pungkas Amin Lasena.

Hadir dalam Rakor ini, yaitu Koordinator Regional Wilayah Sulawesi Dirjen Bina Bangda Kemendagri sebagai Narasumber Sam Patoro Larobu, SH, MH, Sekretaris Daerah Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS, para Pimpinan dan Anggota DPRD Bolmut, Asisten, pimpinan OPD, Camat, Sangadi, serta Kepala Puskes se Kabupaten Bolmut.

Reporter : Muchtar L Harundja
Editor      : Wahyudy Paputungan

Komentar