Dinkes Bolmut Fasilitasi 26 Pasien Katarak untuk Operasi Mata

BNews, BOLMUT — Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), kembali melaksanakan kegiatan operasi mata bekerja sama dengan Rumah Sakit Mata Manado, Provinsi Sulut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) dan SDMK Dinkes Bolmut, Feby Lumoto kepada Bolmong.news, Senin (23/10/2023).

Feby mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang telah rutin dilaksanakan Dinkes Bolmut.

“Termasuk pelayanan pengobatan operasi mata kepada masyarakat bagi penderita katarak,” tuturnya.

Lanjutnya, selain telah menjadi Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Dinkes, kegiatan itu juga merupakan salah satu program kerja Penjabat Bupati Bolmut, Sirajudin Karena, untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Sesuai dengan arahan dari bapak Pj Bupati Sirajudin Lasena dan Kadis Dinkes dalam hal mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat terutama fakir miskin,” jelasnya.

Sementara itu, bagian Apoteker Rumah Sakit Mata, Jois, mengatakan hari ini pihaknya menjemput sekira 46 orang pasien untuk di bawa ke rumah sakit.

“Dengan jumlah pasien yang dioperasi sekitar 23 orang dan pendamping 23 orang juga jadi totalnya 46 orang, dengan menggunakan dua bus,” terangnya.

Jois menambahkan, para pasien operasi katarak ini difasilitasi oleh pihaknya.

“Semua akomodasi dan transportasi, mulai dari pelayanan makanan serta penginapan kami akan fasilitasi selama disana hingga mereka kembali ke Bolmut,” ungkapnya.

Senada juga yang disampaikan oleh Kepala Puskesmas Boroko Kecamatan Kaidipang, Diatri Macpal.

“Hari ini ada sekitar 46 orang yang akan dibawa ke RS Mata di Manado,” ujarnya.

Selain itu, katanya, ada dua orang perawat akan mendampingi para pasien tersebut.

“Itu sesuai permintaan dari rumah sakit untuk megawasi segala keperluan pasien yang akan di rawat inap di RS Mata selama 3 hari hingga balik ke Bolmut,” pungkasnya.

Reporter: Muchtar L Harundja

Komentar