Peringati Hari Lahir Pancasila, Limi Mokodompit Ajak Masyarakat Memelihara Persatuan

BNews, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan upacara Kantor Bupati, Lolak, Kamis 1 Juni 2023, pagi tadi.

Hadir sebagai Inspektur Upacara Penjabat (Pj) Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit yang dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Pancasila adalah pedoman hidup berbangsa yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kata Limi, Pancasila juga adalah jati diri sebagai bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Pancasila adalah dasar negara kita yang lahir dari perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka dari penjajah,” ungkap Limi.

Baca JugaDi Bawah Kepemimpinan Limi Mokodompit, Pemkab Bolmong kembali Raih Penghargaan

“Maka itu Pancasila adalah rumusan dari nilai-nilai luhur yang hidup di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang beragam suku, agama, budaya dan adat istiadat,” sambungnya lagi.

Bahkan orang nomor satu di Kabupaten Bolmong ini mengajak seluruh masyarakat untuk saling bekerja sama, menghormati, serta saling menguntungkan dalam membangun peradaban dan pertumbuhan global.

“Pada pokoknya di momentum ini mari kita jaga dan pelihara persatuan bangsa ini,” sebutnya.

Dikatakan, masyarakat harus sadar akan tanggung jawab untuk menjaga perdamaian dunia, menegakkan Hak Asasi Manusia (HAM), melindungi lingkungan hidup, dan menjadi bagian dari solusi bukan masalah.

Baca JugaDPRD Bolmut Godok Perda terkait Stunting

“Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang ber-Pancasila, serta bangsa yang memiliki semangat gotong royong yang tinggi dan bangsa yang mampu berkontribusi positif dalam pembangunan peradaban dan pertumbuhan global,” imbuhnya.

Makna luar biasa dibalik peringatan Hari Lahir Pancasila di 2023 ini dengan tema ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’ ikut dihadiri unsur Forkopimda, Pimpinan OPD, TNI/Polri, Camat, serta para Sangadi se Kabupaten Bolmong.

Upcara yang berlangsung penuh khidmat ini, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba kepada masing-masing pemenang.

Penulis : Wahyudy Paputungan

 

 

Komentar