Kantor Imigrasi Kotamobagu Gelar Rakor Timpora di Kabupaten Bolmong

BNews, BOLMONG – Optimalisasi Pengawasan terhadap Orang Asing, Kantor Imigrasi Kotamobagu kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora).

Kali ini Rakor Timpora dilaksanakan di Kabupten Bolaang Mongondow (Bolmong), bertempat di Siti Rahmadina Convention Hall, Lolak, pada Senin 17 Juli 2023.

Rapat dengan tema “Optimalisasi Pengawasan Terhadap Orang Asing dan Penjamin Keimigrasian Guna Mendukung Terciptanya Keamanan dan Pembangunan Ekonomi Daerah” ini, ihadiri anggota Timpora yang terdiri dari instansi dan stakeholder terkait, khususnya di wilayah Kabupaten Bolmong.

Kegiatan pun, diawali dengan pembacaan laporan oleh Kepala Seksi (Kasi) Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kotamobagu Keneth Rompas.

Baca JugaDitandai Peletakan Batu Pertama, Pembangunan Gedung Baru Kantor Imigrasi Kotamobagu Dimulai

Mewakil Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulut, melalui Kepala Bidang (Kabid) Intelijen dan Penindakan Arthur Mawikere mengatakan, bahwa esensi dari kegiatan Timpora adalah merupakan sarana untuk saling bertukar informasi.

Informasi dalam keberadaan orang asing di Kabupaten Bolmong tentu sangat penting, sehingga pentingnya antara anggota Timpora terhadap isu-su strategis di Bidang Keimigrasian.

Selain itu, lanjut Arthur, bahwa momen ini juga dapat dijadikan momentum untuk melakukan evaluasi terhadap segala permasalahan yang telah berjalan di tahun-tahun sebelumya.

Baik itu, kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan dalam Kerjasama penegakan hukum Keimigrasian di wilayah Kabupaten Bolmong.

Baca JugaPerkuat Komitmen Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Kotamobagu Rakor Timpora Boltim

Demikian dirinya berharap, pelaksanaan Rakor Timpora di Kabupaten Bolmong ini, agar dapat meningkatkan sinergitas antara berbagai instansi pemerintah yang terkait dengan permasalahan terkait hal pengawasan orang asing tersebut.

“Sinergitas ini akan terus tercapai, jika masing-masing instansi aktif mengambil peran dalam kegiatan pengawasan orang asing yang disesuaikan dengan tugas dan fungsi masing-masing, juga aktif berupaya meningkatkan intensitas komunikasi dan kolaborasi dalam berbagai kegiatan di lapangan,” tuturnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, mewakili Penjabat Bupati Bolmong, melalui Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Chris Kamasaan, ikut menyampaikan sambutan pemerintah dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Rakor Timpora 2023.

Menurutnya, pemerintah daerah sangat mendukung penuh dan mengapresiasi seluruh jajaran Kantor Imigrasi Kotamobagu.

Ia menilai, Rakor ini sangat penting dan strategis, karena menjalankan fungsi koordinasi, dalam rangka menangani permasalahan orang asing di Kabupaten Bolmong.

Baca JugaUngkap Sindikat Perdagangan Organ, Tiga Petugas Imigrasi Terima Penghargaan dari Dirjen Imigrasi

“Pemantauan dan pengawasan terhadap orang asing sangat diperlukan, mengingat letak geografis Kabupaten Bolmong terhadap orang asing tentunya harus dilaksanakan, baik itu secara administratif maupun pengawasan dilapangan untuk mendapatkan informasi secara faktual,” ujarnya.

Ia juga berharap, agar pengawasan orang asing bukan hanya menjadi tugas dari Kantor Imigrasi, melainkan harus melibatkan dan bekerja sama dengan instansi terkait.

Apa lagi, saat ini mulai maraknya penggunaan Tenaga Kerja Asing Ilegah, Perdagangan Manusia, Narkoba, bahkan Radikalismen dan Terorisme, semua itu merupakan ancaman sierius bagi bangsa dan daerah.

Untuk itu, dirinya berharap, Rakor Timpora ini dapat menguatkan fungsi keamanan, sekaligus untuk memaksimalkan pengawasan terhadap berbagai potensi kejahatan dari Warga Asing.

Lanjutnya, menyamakan persepsi dalam rapat ini tentu juga sangat penting.

Baca JugaTim Direktorat Lalu Lintas Keimigrasian Ditjen Imigrasi lakukan Monev Terminal Khusus PT Conch North Sulawesi Cement

Karena, mendapatkan data dan informasi tentang keabsahan Orang Asing di Kabupaten Bolmong sangat penting.

“Saya pun berharap, Kepada seluruh jajaran Kantor Imigrasi Kotamobagu agar dapat bersinergi serta saling tukar informasi dan berkoodinasi dalam rangka menangani permasalahan orang asing di Kabupaten Bolmong,” pungkasnya.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan pemaparan materi Timpora oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Kanwil Kemenkumham Sulut Arthur Mawikere, dan dibuka sesi tanya jawab berbagi informasi terkait keberadaan Orang Asing di Kabupaten Bolmong.

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar