Disparbud Bolmong Sebut Dua Destinasi Wisata Ini Masuk PAD

BOLMONG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menyebutkan, hanya ada dua destinasi wisata yang masuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Destinasi wisata itu diantaranya, Air Panas di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan dan Pasir Putih di Maelang, Kecamatan Sangtombolang, Bolmong.

Hal ini diungkapkan Kepala Disparbud Bolmong Linda Mashoeri, saat di temui Bolmong.news, di ruang kerjanya, belum lama ini.

“Jadi hanya wisata Pasir Putih dan Air Panas Bakan saja yang masuk PAD Bolmong,” ucap dia.

Linda menerangkan, dua wisata tersebut dikarenakan, masuk pada lahan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, sedangkan untuk wisata lainnya itu tak masuk.

“Untuk wisata lainnya itu tak masuk dalam PAD, karena di kelolah secara pribadi,” terang Linda.

“Ada juga wisata yang di kelolah oleh pemerintah desa (Pemdes),” sambung Linda.

Untuk capaian PAD Disparbud Bolmong sendiri, ia menyebutkan, di tahun 2021 mencapai target pada dua wisata tersebut.

Dimana, sebelumnya ditargetkan Rp 100 juta, seteh perubahan kembali naik Rp 150 juta.

“Namu, pada akhir tahun 2021, PAD pada du wisata tersebut hampir menyentuh Rp 170, dari target yang diminta,” jelas Linda.

Disamping itu, pihaknya telah melakukan rapat bersama dengan seluruh pemerintah desa, untuk pengunjung wisata yang ada di Bolmong, harus wajib dicatat dan dilaporkan.

“Pengunjung tiap obyek wisata di Bolmong, diminta wajib dicatat dan dilaporkan, agar bisa kita bisa mengetahui setiap perkembangan yang ada,” pungkasnya.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar