Diskominfo Bolmong jadi Lokus Studi Tiru Bolsel dan Minut

BNews, BOLMONG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bolaang Mongondow (Bolmong) menerima kunjungan kerja (Kunker) Diskominfo dan Bagian Organisasi Setda Bolsel, Kamis 2 Maret 2023.

Kunker daerah tetangga itu, dalam rangka Studi Tiru atas tata kelola dan tata laksana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang ada di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.

Salah satu personil Diskominfo Bolsel Lusiana M C D Lomban mengatakan, Bolmong dipilih sebagai lokus, karena nilai indeks SPBE nya baik 2,7 dan tertinggi di Sulawesi Utara tahun 2022.

“Dimana, kedatangan kali ini sebagai proses evaluasi bagi penyelenggaraan SPBE di daerah nanti,” kata Lusiana.

Baca Juga:Limi Mokodompit Sampaikan Hal Ini di Konferensi Cabang Muslimat NU Bolmong

Hal senada disampaikan Nur Aidin Feriyanto Usman selaku Analis SDM Aparatur Ahli Pratama Bolsel.

Menurutnya, hasil studi ini akan menjadi rujukan daerahnya.

“Diskominfo Bolmong telah memiliki Master Plane e-Goverment yang telah dituangkan dalam Rencana Induk (Renduk SPBE), serta arsitektur SPBE sampai proses bisnis. Dan ini menjadi acuan tim SPBE Pemkab Bolsel dalam meningkatkan indeks kedepannya,” sebutnya.

Di hari yang sama, Diskominfo Bolmong pun ikut menerima tim dari daerah tetangga lainnya.

Kali ini Diskominfo Bolmong kembali menjadi lokus Pemkab Minahasa Utara (Minut).

Baca Juga:Pengembangan Daerah di Sektor Pendidikan Dipercepat, Pemkab Boltim Lakukan Kerjasama dengan Politeknik Negeri Manado

Tim yang dipimpin langsung Sekretaris Diskominfo Minut Dra Mieke J Tumbol menyampaikan, adapun kedatangan pihaknya dalam rangka studi komparasi pengelolaan media komunikasi publik pada Pemkab Bolmong.

Marief Mokodompit selaku Kepala Diskominfo Bolmong pun ikut menyambut hangat kedatangan kunker dua daerah tetangga tersebut.

Bahkan ia menyampaikan ucapan terima kasih, karena Pemkab Bolmong dijadikan sebagai lokus Studi Tiru.

“Kehadiran kedua daerah ini tentu akan dijadikan sharing bahan evaluasi bersama, termasuk dalam tata kelola SPBE yang lebih baik kedepannya,” pungkas Marief Mokodompit.

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar