Bolmong Terbaik Pengelolaan DAK Fisik di Sulut

BNews, BOLMONG – Kepemimpinan Ir Limi Mokodompit MM, akan genap 1 tahun pada Senin 22 Mei 2023 besok.

Diketahui, Limi yang akrab disapa Papa Fahmi ini, secara sah dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bolmong oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, pada Minggu 22 Mei 2022, dilaksanakan di Graha Gubernur Sulut, Bumi Beringin, Manado.

Sejak resmi dilantik, Limi pun harus bekerja ekstra keras. Bersama jajaran di Pemkab Bolmong, dirinya telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan capaian kinerja tahunan.

Baik itu dalam aspek penyelenggaraan urusan pemerintahan, aspek pembangunan maupun aspek kemasyarakatan.

Namun, proses langka kerja Limi Mokodompit dalam setahun, memberikan hasil trend positif dalam menjalankan roda pemerintahan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, saat mengambil sumpah janji jabatan Pj Bupati.
Gubernur Sulut Olly Dondokambey, saat mengambil sumpah janji jabatan Pj Bupati.

Sederet capaian keberhasilan sebagai Penjabat Bupati Bolmong, telah menjadi bukti dirinya mampu membangun tanah kelahirannya Kabupaten Bolaang Mongondow tersebut.

Memiliki tanggung jawab dan tugas yang sangat berat dalam memimpin dan menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Bolmong, maka jika melihat capaian pembangunan dan pelaksanaan pemerintahan pada setahun sebelumnnya, dinilai masih belum cukup atau maksimal.

Terlebih lagi, Indonesia, saat itu, khsusunya Kabupaten Bolmong baru keluar dari zona merah pandemi Covid-19 setelah dua tahun melanda.

Sehingga, diperlukan strategi dan kebijakan yang tepat, cepat dan terukur untuk mengejar ketertinggalan pada beberapa indikator kinerja yang sudah direncanakan oleh Bupati sebelumnya.

Pengalaman terbilang matang di dunia birokrasi yang pada saat ditugaskan sebagai Penjabat Bupati, Limi pun kini yang masih menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinisi Sulawesi Utara terus berkerja menjalankan apa yang harus diurus oleh seoarang pimpinan daerah.

Sementara, dalam penilaian atas kinerja pucuk pimpinan Limi Mokodompit di Kabupaten Bolmong, dinilai berhasil dan mampu menjadikan Kabupaten Bolmong semakin sukses.

Capian itu, bahkan hingga penganugrahan dan penghargaan yang diterima oleh Pemkab Bolmong, tentunya dipucuk pimpinan Limi Mokodompit.

Salah satu capain itu, Limi berhasil membawa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong menerima penghargaan dengan peringkat pertama pada kategori pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun anggaran 2022 se Sulawesi Utara (Sulut).

Piagam Penghargaan Kabupaten Bolmong sebagai Pengelolaan DAK Fisik terbaik se Sulut tahun 2022. (foto.dok/Diskominfo Bolmong)
Piagam Penghargaan Kabupaten Bolmong sebagai Pengelolaan DAK Fisik terbaik se Sulut tahun 2022. (foto.dok/Diskominfo Bolmong)

Penghargaan saat itu, pun diterima di Lantai 6, Gedung Keuangan Negara (GKN) Manado, pada Kamis 16 Februari 2023 lalu.

Tentunya, penghargaan yang dicapai, merupakan bentuk apresiasi atas upaya dan kinerja Pemkab Bolmong yang dinilai positif dalam mengelola DAK Fisik yang secara efektif dan efisien, serta transparan.

Maka dengan capaian membanggakan itu, Kabupaten Bolmong patut menonjolkan diri di antara kabupaten lainnya.

Bahkan, kata Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Seriyanto mengakui, keberhasilan Pemkab Bolmong meraih peringkat pertama se Sulut berkat arahan Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit dan Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Galang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Terima kasih atas petunjuk, arahan dan dorongan dari Bapak Bupati, Bapak Sekda. Terima kasih juga kepada Bapak/Ibu Kepala Perangkat Daerah se Bolaang Mongondow atas bantuan dan kerja keras bersama sehingga kita bisa mendapatkan penghargaan tersebut,” ungkap Seriyanto.

Demikian, Sekda Bolmong Tahlis Gallang pun mengatakan, capaian Pengelolaan DAK Pemkab Bolmong 2022 dengan kategori terbaik pertama itu, merupakan kerja keras dan gotong royong antar SKPD.

“Berkat kerja keras dan gotong royong bersama ini, maka atas pencapaian tersebut, sepantasnya Pemkab Bolmong menjadi yang terbaik se Sulut atas pengelolaan DAK tahun 2022,” tandas Sekda, kala itu di kediaman rumah dinas di Desa Lalow, Sabtu 8 April 2023.

Kinerja Limi Mokodompit pun, selama memimpin Kabupaten Bolmong patut diacungi jempol. Hal itu juga demikian. Pemprov Sulut ikut mengapresiasi kepemimpinan Limi Mokodompit.

Tampak suasana rapat evaluasi Kinerja Penjabat Bupati Bolmong yang berlangsung di ruang kerja Sekprov Sulut Steve Hartke Andries Kepel, Jumat 31 Maret 2023, Manado. (Foto.dok/Diskominfo Bolmong)

Tampak suasana rapat evaluasi Kinerja Penjabat Bupati Bolmong yang berlangsung di ruang kerja Sekprov Sulut Steve Hartke Andries Kepel, Jumat 31 Maret 2023, Manado. (Foto.dok/Diskominfo Bolmong)

Bahkan itu diungkapkan, jajaran Pemprov Sulut, pada rapat evaluasi Kinerja Penjabat Bupati Bolmong belum lama ini.

Dimana pada pemaparan dari tim panelis Pemprov Sulut yang diantaranya, Asisten I Pemprov Sulut Dr Denny Mangala, Asisten II Praseno Hadi, Asisten III Fransiskus Manumpil, Inspektur Drs Meiki Onibala MSi, Kepala BKAD Sulut Femmy Suluh dan Kepala BKD Clay Dondokambey SSTP MAP, memberikan apresiasi atas kerja keras dan prestasi yang telah dicapai Limi Mokodompit selama memimpin Kabupaten Bolmong.

Menurunya, sejumlah aspek yang menjadi indikator penilaian evaluasi Kinerja Penjabat Bupati Bolmong dari Pemprov Sulut mampu dijalankan dengan baik Limi Mokodompit.

 

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar