750 Hektar Sawah Ikut Panen Raya di Hari Pangan Sedunia

BOLMONG – Peringatan puncak di hari pangan sedunia ditandai dengan dilakukannya panen raya dibeberapa titik lokasi di wilayah Bolaang Mongondow (Bolmong). Adapun panen dengan komoditas pertanian salah satunya adalah padi.

Dinas Pertanian Kabupaten Bolmong sendiri menyebutkan, ada kurang lebih 750 hektar sawah di Kecamatan Dumoga Bersatu, tengah proses panen raya.

Untuk dua Kecamatan, Dumoga Tenggara dan Dumoga Utara, dalam proses tahap panen dan tanam padi.

“Untuk Kecamatan Dumoga Utara sendiri ada kurang lebih 415 hektar, dalam minggu ini akan dilakukan panen padi,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Bolmong Remon Ratu, kepada Bolmong.news, Senin (25/10).

“Namun, secara keseluruhan di Dumoga Raya, kurang lebih mencapai 750 hektar yang akan dilakukan panen raya. Untuk panen padi,” sambungnya.

Lanjut dia, Bolmong sendiri untuk produktifitas pangan walau dalam kondisi pandemi covid-19, masih tetap bisa mempertahankan surplus berasnya. Namun kenaikan secara signifikan belum bisa mencapai.

“Artinya pertambahan produktifitas di masa pandemi covid-19 ini, kita masih mampu mempertahankan surplus beras, namun untuk kenaikan belum bisa,” jelasnya lagi.

Ia pun mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas peran para petani di Bolmong, dalam mengelola pertanian.

“Tentu kita ucapkan terima kasih kepada petani yang mampu dalam setiap usahanya untuk mempersiapkan makanan kepada seluruh masyarakat,” ucap Remon.

Pertanian Indonesia tentu tidak akan menghasilkan, jika semua tidak bekerjasama dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada dengan baik.

“Pemerintah daerah tentu akan terus memajukan pertanian di wilayahnya, terlebih di Kabupaten Bolmong ini,” pungkas dia.

Diketahui, Dinas Pertanian bersama jajaran, ikut serta menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia ke 41 tahun 2021, bersama Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo secara virtual.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar