Iskandar Kamaru Lantik 38 Kepala Desa di 7 Kecamatan se-Bolsel

BOLSEL – Bupati H Iskandar Kamaru SPt bersama Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, melantik dan mengambil sumpah 38 Sangadi atau Kepala Desa terpilih dengan masa jabatan 2022-2028.

Pelantikan tersebut di pusatkan di Lapangan Futsal, Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki, Selasa 5 Juli 2022.

Dari 38 Sangadi 6 perempuan berhasil terpilih pada Pemilihan di 7 Kecamatan se-Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Tampak Bupati H Iskandar Kamaru SPt bersama Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, saat menghadiri acara pelantikan 38 Kepala Desa atau Sangadi.

Bupati Iskandar Kamaru dalam sambutannya menyampaikan merasa bangga, karena hari yang sangat berbahagia ini menjadi saksi 38 Sangadi (Kepala Desa) terpilih sudah mendapatkan amanah untuk menjalankan tugas selama 6 tahun kedepan.

Bahkan, Bupati begitu bangga, karena diketahui dari 38 Sangadi terpilih terdapat 6 perempuan yang ikut juga di Lantik.

“Ini jadi bukti bahwa perempuan-perempuan Bolsel sangat hebat dan bisa bersaing dengan laki-laki,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati juga mengimbau agar para Sangadi terlantik dapat mampu membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD, sekaligus bersinergi dan terus bekerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan kemasyarakatan dan pembangunan.

Disaksikan Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, proses penandatangan berita acara pelantikan dan pengambilan sumpah oleh salah satu perwakilan Sangadi atau Kepala Desa.

Bupati menilai, dalam menjalankan tugas dan kewajiban, para Sangadi hendaknya terus berada dalam bingkai aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya tidak ingin ada lagi Sangadi terjerat masalah hukum karena penyalahgunaan wewenang. Berhati-hatilah dan terus berkoordinasi ke instansi teknis terkait mengenai aturan dan regulasi penggunaan dan pertanggungjawaban anggaran,” tegasnya.

Lanjut Iskandar menegaskan, terkait penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) untuk 6 tahun ke depan, para Sangadi diminta agar mampu menyelaraskannya dengan arah dan kebijakan pembangunan kabupaten.

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru saat memakainya pin Garuda kepada sala satu Sangadi terlantik.

“Desa adalah bagian dari sistem pemerintahan di NKRI, maka sudah kewajiban Sangadi untuk tunduk dan patuh terhadap jenjang birokrasi pemerintahan,” imbuhnya.

Bahkan, Iskandar ikut membeberkan bahwa saat ini Pemda Bolsel telah mengalokasikan anggaran pendidikan bagi guru-guru PAUD dalam membiayai studi lanjutnya.

Untuk itu, Iskandar meminta para Sangadi agar jangan mempersulit hal ini dan tidak membeda-bedakan mana pendukung dan bukan pendukung.

Disela-sela rangkaian prosesi pelantikan Kepala Desa atau Sangadi, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru saat memberikan sambutan pemerintah dihadapan seluruh Sangadi terlantik serta tamu undangan yang hadir.

Di akhir sambutannya, Bupati Iskandar ikut memberikan ucapan selamat kepada para Sangadi yang baru saja dilantik.

“Rangkul semua masyarakat yang masih terkotak-kotak dan kesampingkan semua perbedaan. Rajut kembali persaudaraan dalam semangat gotong royong dan kebhinekaan,” ucapnya, sembari menambahkan.

“Selamat bertugas dan berkarya serta maknai jabatan saudara sebagai anugerah dan amanah yang harus dijalankan dengan baik, karena nanti akan diminta pertanggungjawabannya di dunia dan akhirat,” tandas Bupati. (Advetorial)

 

Reporter: Wawan Dentaw

Komentar