oleh

Bupati Limi Terus Ingatkan Pentingnya Stabilitas Keamanan di Dataran Dumoga

BOLMONG – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit terus mengingatkan pentingnya upaya menjaga stabilitas kemanan daerah.

Penekanan tersebut, disampaikan Bupati Limi Mokodompit saat bertatap muka langsung bersama seluruh perangkat desa dan masyarakat di tiga Kecamatan Dumoga Raya yang digelar di Balai Desa Pusian, Kecamatan Dumoga, Senin 4 Juli 2022.

Menurutnya, terwujud dan terpeliharanya stabilitas keamanan memerlukan upaya dan kerja keras dari seluruh komponen utamanya jajaran aparat Kepolisian.

Untuk itu, ia mendorong sinergi aparat keamanan dengan seluruh elemen masyarakat setempat.

“Dengan kerjasama dan sinergi seluruh elemen, saya yakin stabilitas keamanan daerah Dumoga ini akan tetap terpelihara,” ujar Limi.

Namun, Limi menilai semua itu bukan hanya dilakukan aparat Kepolisian saja. Butuh ada dukungan dan dorongan penuh dari sema elemen masyarakat untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang stabil.

Karena kata Limi, stabilitas Kamtimbmas akan sangat mempengaruhi kegiatan pembangunan daerah. Maka mari kita jaga bersama keamanan untuk pembangunan Dumoga Raya yang optimal.

“Stabilitas keamanan yang terpelihara tentu akan menyukseskan program pembangunan daerah,” kata Limi.

Apalagi lanjut Papa Fahmi sapaan akrab Limi Mokodompit, konflik antar kelompok yang sering terjadi di daratan Dumoga kerap menimbulkan kerugian material bahkan korban jiwa. Dan ini harus menjadi perhatian serius.

Bahkan, Bupati menyebtkan, konflik atau gesekan horisontal tak perlu terjadi.

“Di Dataran Dumoga Raya sudah banyak pembangunan rumah ibadah, entah itu Gerja maupun Masjid. Maka seharusnya tak perlu lagi ada gesekan antar kelompok,” harap Limi.

Jika kondisi Kamtibmas stabil, tentu akan juga mempengaruhi pendapatan masyarakat.
Namun, jika kondisi keamanan terganggu secara makro, perekonomian di daerah ikut berpengaruh, begitu juga yang ada di dataran Dumoga.

Bahkan, sangat berdampak pada lapangan kerja yang akan semakin sempit karena aktivitas perekonomian lambat bergerak.

Lanjutnya, jika ini terjadi maka angka pengangguran semakin tinggi. Secara mikro banyaknya masyarakat yang menganggur dan ini bisa berpotensi meningkatnya angka kriminalitas, sementara biaya pemenuhan keperluan dan kebutuhan ekonomi sehari-hari semakin tinggi.

“Maka dari itu, masyarakat dan Kepolisian mari saling bahu membahu memelihara situasi Kamtibmas. Jika ini terwujud stabilitas perekonomian di Kabupaten Bolmong akan terus terpelihara,” sebutnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Limi kembali mengingatkan kepada unsur Forkopimda agar dapat menjadi perhatian yang serius dengan situasi ini.

“Tolong bantu saya, mari jaga stabilitas keamanan di Kabupaten Bolaang Mongondow demi terwujudnya pembangunan daerah yang maksimal,” aku Limi.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, dihari yang sama melakukan kunjungan kerja dan silturahmi bersama dengan para peragkat desa, BPD ,serta tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di wilayah tiga kecamatan yaitu Kecamatan Dumoga Barat, Dumoga Utara dan Dumoga Tenggara yang dipusatkan di Balai Desa Mopuya Utara II, Kecamatan Dumoga Utara

Adapun kunjungan kerja tersebut, Bupati Limi Mokodompit turut didampingi para Asisten, Pimpinan OPD dan para Kepala Badan lingkungan Pemkab Bolmong.

Selain itu turut dihadiri, para Camat, Sangadi atau Kepala Desa, Tokoh Agama, masyarakat, serta unsur Forkopimcam yang ada di tiga Kecamatan Dumoga.

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar