Perkuat Komitmen Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Kotamobagu Rakor Timpora Boltim

BNews, BOLTIM – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu Kanwil Kemenkumham Sulut menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Rakor Timpora Boltim kali ini mengangkat tema “Optimalisasi Pengawasan Terhadap Orang Asing dan Penanganan Undocumented Person di Kabupaten Boltim.”

Bahkan kegiatan ini dihadiri langsung Kepala Divisi (Kadiv) Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulut Friece Sumolang yang berlangsung di Objek Wisata Goba Molunow, Kecamatan Modayag, Boltim, Senin 12 Juni 2023.

Selain itu, Timpora diikuti oleh instansi dan stakeholder terkait diantaranya perwakilan dari TNI, Polri, BIN, BAIS, Kejaksaan, serta pimpinan OPD terkait Pemkab Boltim.

Adapun Rakor diawali dengan pembacaan laporan kegiatan oleh Kepala Seksi (Kasi) Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kotamobagu Keneth Rompas.

Baca JugaRonald Lumbuun Tinjau Kesiapan Sarana Prasarana Gedung Kantor Imigrasi Kotamobagu Sementara

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Kadiv Keimigrasian Friece Sumolang.

Dikatakannnya, bahwa terdapat beberapa isu terkait Orang Asing di Kabupaten Boltim.

Ia pun menyebut, salah satunya yaitu di daerah Boltim bermukim Orang Asing dengan status Undocumented Person yang membutuhkan perhatian khusus agar tidak menimbulkan keresahan dan gangguan kamtibmas di wilayah itu.

Sehingga, Friece Sumolang menekankan, bahwa pentingnya peranan Timpora dalam menunjang perekonomian daerah, terutama dalam hal kebijakan Investasi.

Hal ini pun menurut Sumolang, Timpora memiliki fungsi sebagai wadah pertukaran informasi, sehingga nantinya dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah dan menjadi bahan pertimbangan bagi pimpinan daerah dalam mengambil keputusan.

Baca JugaBupati Depri Pontoh Hadiri Acara Syukuran Penthabisan dan Peresmian Gereja Bukit Sion Mokoditek

Di akhir sambutannya pun, Kadiv Keimigrasian Friece Sumolang menyampaikan, hubungan baik antar anggota Timpora yang sudah terjalin selama ini, dapat kiranya dipertahankan.

Bahkan, kata Friece, bila perlu semakin ditingkatkan.

Selanjutnya, mewakili Bupati Boltim, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan M.R. Alung, dalam kesempatan itu membuka secara resmi Rakor Timpora wilayah Kabupaten Boltim tahun 2023.

Menurut M.R Alung, pentingnya optimalisasi kerjasama antar instansi. Terutama terkait sharing informasi antar anggota Timpora mengenai keberadaan Orang Asing di Boltim.

Sehingga itu, kegiatan yang dilaksanakan Kantor Imigrasi Kotamobagu ini, harus diberikan apresiasi.

Baca JugaMitha Mokodompit: Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Harus Seimbang

“Tentu Rakor ini sebagai wadah memperkokoh sinergitas antar instansi, demi peningkatan keamanan di daerah Kabupaten Boltim,” pungkasnya.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan pemaparan materi dan sharing informasi, dimana yang menjadi Narasumber adalah Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulut dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para anggota Timpora.

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar