Wali Kota Buka Sosialisasi dan Konsolidasi Penyusunan Dokumen RP2KPKPK

BNews, KOTAMOBAGU—Walikota Kotamobagu, Tatong Bara membuka sosialisasi dan konsolidasi Penyusunan Dokumen Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh (PR2KPKPK) Kota Kotamobagu tahun anggaran 2023.

Sosialisasi yang dilaksanakan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kotamobagu itu digelar di Aula Rumah Dinas Walikota, Selasa (21/3/2023).

Dalam sambutannya Tatong menyampaikan, bahwa dokumen rencana pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan permukiman kumuh, merupakan dokumen rencana aksi penanganan dan pencegahan permukiman kumuh dengan lingkup/skala perkotaan, kawasan dan lingkungan yang komprehensif dan terpadu.

“Tentunya bukan hanya rencana penanganan kegiatan bersifat fisik namun juga mencakup kegiatan bersifat non fisik seperti peningkatan kapasitas/pemberdayaan, sosial dan ekonomi,” katanya.

Lanjutnya, penyusunan dokumen rencana PR2KPKPK ini berdasarkan amanat Undang – Undang Nomor 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.

“Hal ini juga diatur lebih lanjut dalam peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia nomor 14/PRT/M/2018 tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PRKP Kotamobagu, Chelsia Paputungan mengatakan pelaksanaan sosialisasi dan konsolidasi PR2KPKPK ini, berdasarkan surat Dirjen Cipta Karya nomor 30/se/dc/2020 tentang penyusunan RP2KPKP.

“Pelaksanaan sosialisasi dan konsolidasi ini adalah melaksanakan penyebarluasan informasi mengenai RP2KP mencapai pemahaman yang sama mengenai kebijakan, proses, prosedur dan produk yang dihasilkan dari penyusunan RP2KPKPK, dan menyampaikan manajemen aspek keberlanjutan dalam penanganan permukiman sejalan dengan agenda Sustainable Development atau (SDGs),” tandasnya.

Diketahui kegiatan tersebut  juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, para Asisten,  pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, tenaga ahli, akademisi, perbankan, LSM, BUMN, dan BUMD, LSM, Camat, Lurah dan Sangadi se – Kota Kotamobagu.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar