Terkait Jalan AP Mokoginta, Dinas PUPR: Sudah Ada Anggaran

BNews, KOTAMOBAGU — Ruas jalan Abraham Patra (AP) Mokoginta yang terletak di Kelurahan Upai sampai Desa Bilalang Dua, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara (Sulut) butuh perhatian serius dari Pemerintah.

Kondisi ruas jalan yang menghubungkan Kelurahan Upai ke Desa Bilalang Dua kini rusak parah. Di mana badan jalan dipenuhi lubang yang menganga.

Merasa kesal dengan kondisi ruas jalan yang tak kunjung dipelihara, warga menanami pohon pisang di ruas jalan tersebut.

“Penanaman pohon pisang ini sebagai bentuk protes kami terhadap Pemerintah Provinsi Sulut yang hingga saat ini tidak mempedulikan kerusakan jalan di kampung kami,” kata salah satu warga Kelurahan Upai, Iskandar Mokoginta, Selasa (23/5/2023).

Menurutnya, sudah puluhan tahun ruas jalan itu belum pernah tersentuh perbaikan.

“Yang dilakukan hanya ditambal saja oleh Pemerintah Kotamobagu, tapi untuk pengaspalan sudah puluhan tahun tidak pernah dilakukan. Beberapa bulan setelah ditambal rusak lagi,” ujarnya.

“Sudah banyak pengendara yang mengalami kecelakaan di jalan ini karena terperosok ke lubang. Saya juga mengalaminya. Bahkan sudah ada yang meninggal akibat kecelakaan disini,” sambungnya.

Di sisi lain, Iskandar juga berharap DPRD dan Pemkot Kotamobagu meminta kepada Pemprov Sulut agar jalan AP. Mokoginta kembali menjadi aset Pemkot Kotamobagu.

“Harapan kami agar jalan ini dikembalikan lagi ke wilayah Pemkot Kotamobagu, apalagi ini menjadi wajah Kotamobagu dari utara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bolaang Mongondow. Dan kalau ada kerusakan Pemkot Kotamobagu bisa secepatnya memperbaikinya kembali,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu, Claudy Mokodongan membenarkan bahwa jalan A.P Mokoginta merupakan aset Pemprov Sulut.

“Untuk status jalan AP Mokoginta saat ini merupakan aset dari Provinsi, dan hal tersebut sudah di SK kan tahun 2022,” kata Claudy kepada bolmong.news, Selasa (23/5/2023).

Claudy mengatakan Pemerintah Kotamobagu sudah menyampaikan apa yang menjadi permintaan masyarakat ke Dinas PU Provinsi Sulut.

“Kami sudah mengkonfirmasi ke Dinas PU Provinsi Sulut, nah sudah ada anggaran untuk pemeliharaan jalan A.P Mokoginta di Kelurahan Upai sampai Bilalang Dua. InsyaAllah akan dilakukan pemeliharan tahun ini,” tandasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar