Tarian Masamper Akan Dilombakan di Kotamobagu

BOLMONGNEWS KOTAMOBAGU—Tarian masamper atau lebih dikenal pato-pato akan dilombakan di Kota Kotamobagu. Direncanakan akan  digelar 21 Juli mendatang, di Lapangan Boki Hotinimbang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kotamobagu Moh Agung Adati, mengatakan, saat ini tengah dimatangkan.

“Persiapan lomba sudah mencapai 80 persen,” kata Agung.

Meski belum pernah dilakukan, terang Agung, rencana kegiatan ini menuai respon positif dari masyarakat.

“Lomba Masamper ini ternyata disambut antusias masyarakat Kotamobagu, padahal belum dilaksanakan. Lomba ini memang kami yang buat,” terangnya.

Ia berharap, kegiatan-kegitan yang diadakan di Kotamobagu akan lebih banyak lagi. Apalagi Kotamobagu merupakan kota yang seni budayanya terbilang banyak.

“Saya berharap acara-acara seni budaya, baik lokal maupun dari masyarakat pendatang, bisa mendatangkan wisatawan dari nusantara ataupun mancanegara,” harapnya.

Diinfromasikan, tarian masamper merupakan tarian khas daerah Sangihe Talaud. Tari masamper dibawakan oleh sekelompok penari sekaligus penyanyi.

Setiap kelompok masamper ada pempimpin yang memberi aba-aba yang disebut “Pangantaseng”. Masamper dilakukan sekelompok orang yang membentuk suatu formasi menghadap penonton sambil menari-nari. (tr-01/ewin)

 

Komentar