Satu-satunya Kampus se-BMR, UDK Miliki Aplikasi SIAKAD

BolmongNews.com, Kotamobagu
Civitas Akademika Universitas Dumoga  Kotamobagu (UDK) terus melakukan pembenahan dan inovasi untuk pengembangan.

Berbagai upaya itu diantaranya dengan menciptakan Sistem Akademik dan Aplikasi Data (SIAKAD).

Menariknya sistem yang mempermudah mahasiswa dan dosen serta pengelola dalam semua aktivitas keuangan dan akademik di kampus tertua ini,  hanya ada satu-satunya di UDK.

Menurut Wakil Rektor 2 UDK, DR (Cand)  Indah E Samuel SE ME MAPI, aplikasi SIAKAD tersebut sudah siap dijalankan.

“Aplikasinya sudah ready dan jaringan sudah terpsang,  tinggal dosen dan mahasiswa diberikan pelatihan,  tentang bagaimana terkait penggunaan aplikasi itu. Saat ini tinggal menunggu running bulan januari sudah mulai jalan, ” ungkap Indah,  Minggu (20/1/2019).

Kandidat Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya itu menjelaskan,  aplikasi ini sudah terkoneksi dengan pihak Bank BNI. Dimana tujuan dibuatkannya aplikasi tersebut,  selain memudahkan aktivitas juga menghindari adanya transaksi keuangan secara tunai yang berpotensi mengakibatkan terjadinya penyimpangan.

“Didalam aplikasi ini diantaranya mencakup;  bayar SPP, absensi mahasiswa, untuk akademik KRS, KHS,  hasil nilai,  resgistrasi mahasiswa menyangkut pembayaran SPP, KKN, Wisuda, Biodata mahasiswa,  yudisium, data kelulusan, ijazah, maupun status kemahasiswaan, ” jelasnya.

Disisi lain,  Indah menerangkan,  pihaknya saat ini tengah berusaha untuk meningkatkan status akreditasi UDK.

“Untuk menaikan status UDK itu kami juga saat ini tengah berupaya melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga. Beberapa bulan lalu kami mendatangkan
ketua Sistem Penjaminan Mutu Indonesia (SPMI)  dan salah satu asesor BAN PT di L2 Dikti Makasar untuk melakukan pelatihan akreditas Borang Institusi, bapak Prof DR Nasir Hamzah. Itu juga salah satu kegiatan penunjang menambah kredit poin dalam peningkatan status akreditasi, ” terangnya.

Dikerahui saat ini UDK dibawah Yayasan Pendidikan Kotamobagu Mandiri (YPKM). (ewin)

Komentar