oleh

ASN ini Luangkan Waktu Berkebun, Terinspirasi dari Ayah

BolmongNews. com, Inspirasi–Sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) tentu memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) selama jam kerja masih berlangsung.  Apalagi saat ASN itu memiliki jabatan pada instansi tempatnya bekerja.

Adalah Edo Mopobela. Dalam menjalankan aktivitasnya di kantor Edo yang dikenal seorang pekerja keras itu, menjalani seluruh pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya sebagai Sekertaris Dinas Perdagangan,  Koperasi dan UKM Kota Kotamobagu.

Menariknya,  ditengah kesibukan sebagai Abdi Negara,  Edo masih meluangkan waktunya untuk berkebun disaat hari libur.

Edo menceritakan,  berkebun baginya selain terinspirasi dari ayah juga merupakan hobby dan kebiasaan yang sudah dilakukannya sejak kecil,  semasa mendiang ayahnya masih hidup.

“Kebiasaan karena dari kecil sering menemani Almarhum Bapak yang berprofesi sebagai guru ke kebun setiap pulang dari sekolah, ” ungkap Edo kepada BolmongNews.com,  Minggu (20/1/2019).

Menurut Edo,  jika profesi ASN itu batasnya sampai 58 tahun,  untuk berkebun tidak ada batasnya. Meluangkan waktu senggang dan melihat seluruh tanaman di kebun memiliki kenikmatan tersendiri bagi dirinya.

“Walaupun kebun kecil tapi ada kepuasan tersendiri ketika duduk di gubuk terus melihat kebun sendiri, juga jadi sarana refreshing dan olah raga. Untuk kebun tidak seberapa luasnya  dibandingkan dengan kebun  orang lain.
Nikmat rasanya menikmati suasana di kebun yang tenang apalagi pas jam makan, dan ditiup angin sepoi-sepoi, orang berkebun itu umumnya tidak mudah stress, ” tuturnya.

Edo menambahkan,  diusianya yang kini sudah hampir 50 tahun,  tentu tak lama lagi akan memasuki masa pensiun dari ASN.
Sehingga meskipun kebun yang dimilikinya tidak besar, nantinya kebun tersebut menjadi salah satu harapannya untuk memenuhi kebutuhannya di hari tua.

“Tanaman dikebun hanya cengkeh dan buah-buahan. Yang lain sudah tinggi yang lain baru ditanam. Kebunnya tidak besar, sesuai kemampuan sebagai PNS yang sederhana dengan gaji kecil,” ucapnya. (ewin)

Komentar