Raih Pelaporan SPM Terbaik Se-Sulut, Bupati FDW Sebut Semua Hasil Kerja Bersama

BNews, MINSEL – Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) meraih prestasi kepatuhan pelaporan penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) terbaik I (Satu) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2022.

Hal ini berdasarkan rilis dari Kementerian Dalam Negeri  (Kemendagri) yang disampaikan Plt Kepala Bappeda Provinsi Sulut, Elvira Katuuk pada kegiatan sosialisasi SPM dan surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) terkait SPM Pendidikan pada Pemerintah Daerah, yang dilaksanakan pada tanggal 4 sampai dengan 5 Mei 2023, bertempat di Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulut.

“Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan  mendapatkan prestasi kepatuhan pelaporan penerapan SPM terbaik 1 di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2022,” katanya.

Dia menjelaskan, SPM adalah jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan pemerintahan dasar, yang meliputi pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, serta sosial, yang harus diberikan kepada setiap warga negara secara minimal sesuai dengan amanat undang-undang.

“Pemerintah daerah wajib menerapkan SPM serta melaporkannya secara berkala setiap triwulan dan setiap akhir tahun kepada Kementerian Dalam Negeri, melalui aplikasi pelaporan e-SPM dan kepada gubernur sebagai wakil pemerintah pusat,” ujarnya.

“Sedangkan penerapan SPM secara umum di dalamnya aspek perencanaan (pengumpulan data, perhitungan kebutuhan dan penyusunan rencana), penganggaran dan pelaksanaan,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Minsel  Franky Donny Wongkar (FDW) menyampaikan, prestasi tersebut merupakan hasil kerja bersama seluruh perangkat daerah dan stakeholder terkait.

“Prestasi ini sekaligus menunjukkan adanya peningkatan kinerja pemerintah daerah,  khususnya pada perangkat daerah pengampu SPM,” katanya.

Sehingga, komitmen untuk menjalankan urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar akan terus ditingkatkan. Dan SPM terus didorong untuk dilaksanakan secara optimal.

“Prestasi ini boleh diraih juga berkat kerja tim (team work) dan koordinasi dari Tim Penerapan SPM Kabupaten Minahasa Selatan,” tandasnya.

Reporter: Jendry Paendong

Komentar