Pj Wali Kota Canangkan Festival Monuntul Kotamobagu Tahun 2024

BNews, KOTAMOBAGU — Penjabat Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani, mencanangkan festival Monuntul Kotamobagu Tahun 2024, di Alun-alun Boki’ Hontinimbang, Sabtu (6/4/2024).

Asripan mengatakan, Monuntul ini telah dilaksanakan setiap tahun ketika bulan suci Ramadhan.

Di mana, festival Monuntul ini tidak sekedar diketahui oleh masyarakat Kota Kotamobagu tetapi pada beberapa bulan yang lalu, dia bersama kepala Dinas Pariwisata dan beberapa SKPD, telah mempresentasikan dihadapan Kementerian Pariwisata di Jakarta tentang eksistensi Festival Monuntul.

“Sesudah itu dilanjutkan dengan penilaian oleh Tim Independen dari Kementerian Pariwisata untuk kemudian memilih apakah festival Monuntul ini bisa dijadikan Calendar of event tingkat Nasional. dan Alhamdulillah kemarin dulu saya ditugaskan oleh Gubernur Sulawesi Utara sebagai Asisten 2 di Manado telah mencanangkan Calendar of Event Tahun 2024 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara, dan salah satunya adalah Festival Monuntul yang ada di Kota Kotamobagu,” ungkapnya.

Asripan berharap, festival Monuntul ini tidak hanya sekedar diketahui masyarakat Kota Kotamobagu.

“Mudah – mudahan Tahun depan sudah menjadi Calendar of Event tingkat Nasional. Jika kegiatan Festival Monuntul ini sudah menjadi event Nasional, maka pastinya kegiatan ini akan semakin dikenal dan kedepan nanti kegiatan ini akan didatangi oleh masyarakat dari luar Kota Kotamobagu,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta, juga mengatakan hal yang sama.

“Sesuai dengan harapan dari kami Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kotamobagu, tentu ditopang langsung oleh Bapak Penjabat Wali Kota Kotamobagu, semua unsur pimpinan dan pihak legislatif, Insya Allah Festival Monuntul ini bisa kita laksanakan di tahun – tahun mendatang, tentu dengan support yang lebih maksimal dari pelaksanaan hari ini adalah awal, kita kembali membudayakan mengenai tradisi dan adat kita tentang Monuntul, kegiatan ini dapat mensuport perekonomian dan citra pariwisata Kota Kotamobagu,” kata Anki.

Turut hadir dalam kegiatan, Dandim 1303 Bolaang Mongondow. Letkol Inf. Fahmil Harris, Kapolres Kotamobagu, AKBP Dasveri Abdi, mantan Bupati Bolaang Mongondow, Marlina Moha Siahaan, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kotamobagu, Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kotamobagu, Jamaluddin Lamato, Ketua MUI Kota Kotamobagu, H. Sahran Gonibala, Lc. Ketua FKUB Kota Kotamobagu, Yusuf Danny Pontoh, para Asisten serta pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, serta tokoh – tokoh masyarakat. (*)

Komentar