oleh

Perebutkan Dua Kursi, 9 Calon Anggota Bawaslu Bersaing

BOLMONGNEWS MANADO—Sebanyak 18 orang calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut, telah selesai mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT) untuk penambahan anggota, Minggu (20/5/2018).

Dari 18 calon, sebanyak 9 orang lolos untuk tes selanjutnya. Yakni Supriadi Pangellu, Awaludin Umbola, Dolly Gobel, Idam Malewa, Mishart Manoppo, Raimond Pasla, Reidi Sumual, Sutrisno Ismail dan Waldi Mokodompit. Mereka akan mengikuti  tes psikologi, Senin (21/5/2018) besok. Calon yang lulus tes psikologi akan lanjut pada tes kesehatan dan wawancara.

“Besok (Hari ini) tes psikologi,” kata Ferry Daud Liando, tim seleksi penambahan anggota Bawaslu Sulut.

Ferry mengatakan, dalam proses seleksi ini jika ada masyarakat yang mengetahui rekam jejak para calon, maka tim seleksi menyediakan kotak pengaduan di Sekretariat Timsel di Hotel Arya Duta lantai Dua.

“Tim seleksi tidak mengenal semua calon. Maka setiap pengaduan akan di proses dengan menggunakan bukti aduan, setiap laporan tetap akan dilakukan proses kalrifikasi,” katanya.

Ferry menjelaskan, tim seleksi akan menjaring 4 nama yang telah mengikuti tes. Setelah itu ditetapkan 2 (Dua) nama melengkapi jumlah personil Bawaslu Sulut yang saat ini baru ada 3 (Tiga) orang. Yakni Herwin Malonda, Kenly Poluan dan Mustari Humagi.

Diketahui, penambahan personil  Bawaslu sesuai amanat Pasal 124 ayat (1) dan Pasal 92 ayat (2) huruf b Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Menyatakan Bawaslu membentuk tim seleksi untuk menyeleksi calon anggota Bawaslu Provinsi pada setiap Provinsi. Jumlah anggota Bawaslu Provinsi sebanyak 5 atau 7 orang. (tr-01/win)

Komentar