oleh

Penyerahan SK Bupati ke 89 Pjs Sangadi, Yasti Ingatkan Lagi Netralitas Pilsang Serentak 2022

BOLMONG – Sebanyak 89 orang menerima Surat Keputusan (Bupati) sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Sangadi atau Kepala Desa, dari Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, Jumat, 28 Januari 2022.

Penyerahan SK Bupati pengangkatan Pjs Sangadi, berlangsung di Kantor Bupati Bolmong, dan disaksikan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, Para Asisten, Pimpinan OPD, dan Camat.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow sendiri, menunjuk 89 orang Pjs dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.

Pengangkatan ke 89 orang Pjs Sangadi ini, untuk mengisi kekosongan jabatan, setelah masa kepemimpinan 89 Sangadi telah berakhir, pada Kamis, 27 Januari 2022, kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, berharap pada seluruh Pjs Sangadi, agar dapat menjalankan kepemimpinan di desa dengan lebih visioner, kreatif dan inovatif.

“Serta mampu menggali dan mengelola potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) di tiap desa yang dipimpin,” ucap Bupati Yasti, saat memberikan arahannya.

Disamping itu, Pjs Sangadi, harus memfasilitasi pelaksanaan Pemilihan Sangadi (Pilsang) mendatang, agar supaya pada pelaksanaannya bisa berjalan baik dan sukses.

“Dan ingat, untuk Pjs Sangadi, selalu menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilsang, khususnya netralitas perangkat desanya,” tegas Yasti.

“Karena jika penjabat Sangadi dan perangkat sudah tidak netral, maka dipastikan akan terjadi konflik yang sangat merugikan desa dan masyarakat itu sendiri,” sambung Yasti.

Pada prinsipnya, lanjut Yasti, di pesta Demokrasi tingkat desa nanti, biarlah masyarakat yang menentukan pilihannya masing-masing.

Di akhir arahannya, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, meminta agar seluruh Pjs Sangadi atau Kepala Desa, dapat menindaklanjuti Peraturan Bupati (Perbup) Bolmong Nomor 28 tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan Wabah Covid-19 saat pelaksanaan Pilsang serentak yang dipastikan 3 Februari 2022 mendatang.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar