oleh

Pemkot Kotamobagu Terima Piala Adipura ke-4

BolmongNews.com,  Kotamobagu–Diawal Tahun 2019 Pemerintah Kota Kotamobagu menorehkan lagi prestasinya di tingkat Nasional.

Kali ini, daerah baru berusia 11 tahun itu, meraih kembali Piala Adipura melalui program Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK)  RI.

Kota Kotamobagu masuk kategori Kota Kecil penerima Piala Adipura.

Piala Adipura tersebut diserahkan langsung Wakil Presiden RI, M Jusuf Kalla, kepada Wali Kota Kotamobagu,  Tatong Bara,  didampingi Menteri LHK, Sitty Nurbaya, di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Senin (14/1/2019).

Penganugerahan dibidang kebersihan lingkungan ini merupakan yang ke-5 kali berlabuh di Kota Kotamobagu sejak dimekarkan Tahun 2007 lalu. Yakni 1 (satu) kali menerima piagam dan tercatat 4 (Empat) kali menerima Piala hingga saat ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kotamobagu,  Nasrun Gilalom,  mengatakan,  piala Adipura 2018 yang diterima itu, merupakan bukti kerja keras dan kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) bersama semua elemen masyarakat.

“Ini adalah kebanggaan kita semua. Insya Allah prestasi ini akan bisa dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi ke depannya.  Kita bisa meraih penghargaan ini merupakan peran dari semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun pihak yang lain. Terima kasih atas peran, dukungan, dan kerjasamanya,” ujar Nasrun.

Nasrun menerangkan,  penghargaan ini juga merupakan satu motivasi kepada seluruh masyarakat serta Pemkot Kotamobagu.

“Ini menjadi motivasi bagi kita semua. Mari kita pertahankan, tingkatkan dan kita jaga bersama kebersihan di Kota Kotamobagu,” ujar Nasrun.

Lanjutnya,   piala adipura bukan hanya sekedar menjaga kebersihan. Namun, bagaimana sampah-sampah itu bisa dimanfaatkan lagi.

“Kita melakukan penanganan dan pengurangan sampah disekeliling kita. Serta penggunanaan bank sampah itu dimaksimalkan hingga pemanfaatan sampah, ” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bukti dan komitmen masyarakat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu dalam hal menjaga kebersihan lingkungan.

“Penghargaan ini adalah bukti keberhasilan masyarakat Kotamobagu. Setiap hari, setiap waktu semakin sadar masyarakat kita akan pentingnya menjaga lingkungan agar tetap sehat dan bersih,” kata Wali Kota.

Wali kota juga berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah ikut menjaga kebersihan. Khususnya seluruh petugas kebersihan yang bekerja tanpa mengenal waktu.

“Ini merupakan kerja keras kita bersama, seluruh elemen masyarakat dan pemerintah. Semoga kedepan kita akan terus mempertahankan piala ini,” pungkasnya. (ewin)


Komentar