Pemkot Kotamobagu Gelar Kick Off Meeting Penyusunan Rancangan Awal RPJPD Tahun 2025-2045

BNews, KOTAMOBAGU — Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kotamobagu menggelar acara Kick Off Meeting Penyusunan Rencana Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Daerah Kotamobagu tahun 2025-2045.

Bertempat di ruang rapat Bappelitbangda Kotamobagu, kegiatan tersebut dibuka oleh Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, Selasa (2/10/2023).

Dalam sambutannya, Asripan Nani menyampaikan bahwa penyusunan rencana awal RPJPD merupakan agenda penting dan strategis dalam tahap perencanaan.

“Kegiatan ini sangat strategis karena apa yang akan kita lakukan 20 tahun kedepan harus mampu kita prediksi dari sekarang. Tahun 2045 secara nasional  telah diikrarkan sebagai Tahun Emas, 20 Tahun kedepan yang kemudian dijabarkan dalam RPJMD dalam setiap 5 Tahun, yang kemudian di break down lagi dalam RKPD setiap tahunnya,” ujar Wali Kota.

Asripan Nani berharap peserta dapat berperan aktif dan mampu berkontribusi terkait apa yang menjadi tantangan ke depan.

“Kita harus mampu memprediksi apa yang menjadi peluang dan berbagai di potensi Kota Kotamobagu untuk menjawab persoalan Kota Kotamobagu 20 Tahun kedepan, dan mampu mensinkronkan dengan RPJP Nasional dan RPJP Provinsi Sulawesi Utara,” harapnya.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Bappenas Republik Indonesia Andi Erwing dan Akademisi Universitas   Sam Ratulangi – Manado, A. J. Masinambow dan Novritha Walewangko dan dihadiri Sekretaris Daerah, Sofyan Mokoginta, para Asisten  serta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar