Pembukaan Fesbujaton ke- XVII Bakal Diwarnai Karnaval Budaya

BNews, KOTAMOBAGU — Pagelaran Festival Budaya Jawa Tondano (Fesbujaton) se Indonesia Timur ke- XVII yang akan diselenggarakan di Kota Kotamobagu dipastikan bakal berlangsung spektakuler.

Event yang terjadwal berlangsung mulai tanggal 21 hingga 24 Juni 2023 di Lapangan Kelurahan Sinindian tersebut, akan diikuti kurang lebih 3 ribuan peserta yang datang dari berbagai daerah di wilayah Indonesia Timur.

Hingga saat ini berbagai persiapan menjelang hari pelaksanaan terus dimatangkan panitia bersama Pemerintah Kota Kotamobagu, untuk mensukseskan event tahunan ini.

Seperti halnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kotamobagu yang saat ini tengah mempersiapkan rangkaian acara pembukaan.

Menurut Kepala Disbudpar Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta, dalam acara pembukaan nanti akan dimeriahkan dengan karnaval budaya dari berbagai etnis yang ada di Kota Kotamobagu.

“Untuk mensupport pagelaran ini, pada acara pembukaan nanti ada penampilan karnaval yang saat ini tengah kami persiapkan. Mulai dari etnis Bugis, Jawa, Bali, Sanger, Gorontalo dan tentunya Bolaang Mongondow. Jadi kegiatan ini akan mengkolaborasikan semua etnis di Kota Kotamobagu sebagai wujud hidup berdampingan dalam kebhinekaan,” kata Anki, Kamis (14/6/2023).

Menurut Anki, pihaknya sangat bersyukur agenda tahunan etnis Jaton di Indonesia Timur memilih Kota Kotamobagu sebagai tempat pelaksanaan event, sehingga akan mendukung suksesnya kegiatan.

“Disbudpar tentu sangat mendukung, karena ini adalah kegiatan yang melibatkan banyak orang, kita harus menangkap ini sebagai potensi ekonomi, pariwisata serta religi budaya, karena adat Jaton mengusung nilai religi, ini ada kesamaan dengan Kotamobagu karena kita adalah daerah eks swapraja yang sangat memegang teguh warisan budaya religi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kerukunan Keluarga Jawa Tondano Bolaang Mongondow Raya (BMR), Farid Asimin, menyatakan minat peserta datang ke daerah Kotamobagu sangat luar biasa. Hal ini dilihat dari jumlah peserta yang mencapai ribuan.

“Sebagai tuan rumah tentunya kami akan memberikan sambutan dan pelayanan yang berkesan,” ucapnya.

Festival yang dipusatkan di Lapangan Sinindian, Kecamatan Kotamobagu Timur itu akan menggelar berbagai lomba.

“Mulai dari lomba tari-tarian Jaton, pidato bahasa Jaton, silat Jaton dan masih banyak lagi,” tandasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar