Pasangan BerKAH Dijemput Adat Gorontalo di Posigadan

BOLSEL—Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H Iskandar Kamaru S.Pt dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, didampingi Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Selpian Kamaru-Manoppo dan Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola, juga H. Herson Mayulu, S.IP,  disambut secara Adat Gorontalo Moloopu dilapangan Futsal SMP N Momalia Kecamata Posigadan, Selasa (02/03/2021).

Penjemputan secara adat Bolango dan Mongondow sebelumnya juga  dilakukan kepada Bupati dan Wakil Bupati yang baru dilantik itu.

Prosesi penyambutan Adat Gorontalo itu diawali dengan jemputan pemangku adat, di iringi dengan dirijen band dan Tarian Tidi Bili’u O’ayabu, yang dipersembahkan siswa SMP N Momalia.

Dalam sambutan camat Posigadan Raston Mooduto, mengucapkan selamat datang kepada pasangan BerKAH Te Eyanggu sebagai Bupati dan Wabub Do Eyanggu juga kepada H. Herson Mayulu, S.IP Sebagai Anggota DPR RI dengan gelar adat Temei Molamahu.

“Mohon maaf jika dari penjemputan sampai penyediaan tempat duduk, tidak sesuai hati dan keinginan, ini adalah budaya dan adat kami, untuk menjemput seorang pemimpin wilayah dengan Adat Gorontalo,” ucapnya.

Lanjut,  16 Desa se Kecamatan Posigadan siap mendukung dan menjalankan program visi dan misi yang terencana dan tersusun di dalam RPJMD selama kepemimpinan Iskandar-Deddy.

Sementara itu, Bupati H. Iskandar Kamaru S.Pt dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas penerimaan adat Gorontalo (Moloopu).

“Atas nama pribadi dan seluruh masyarakat Bolsel mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas penjemputan ini, dan telah memberikan kepercayaan serta memberi amanah, tugas, serta tanggung jawab, kepercayaan kepada saya dan Deddy Abdul Hamid, untuk memimpin Bolsel kurang lebih 3 tahun 6 bulan kedepan,” ujar Bupati.

“Melalui kesempatan ini saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat, mari kita kembali dalam semangat gotong royong dan semangat ideologi Pancasila. Khusunya merawat persatuan dan kesatuan dengan mengesampingkan ego golongan dan kelompok. Marilah kita bersatu dan bersama-sama fokus membangun daerah kedepan yang sama kita cintai, guna menjadikan Kabupaten Bolsel lebih maju dan hebat kedepannya,” sambungnya.

Bupati juga berpesan, agar seluruh lapisan masyarakat merajut kembali tali silaturahmi, serta melupakan perbedaan pilihan yang mungkin terjadi saat Pemilukada lalu.

“Kepemimpinan saya dengan Deddy saat ini berfokus pada prioritas pembangunan, pada pengentasan kemiskinan, pembangunan infrastruktur, mendukung kegiatan ekonomi dan sosial serta penanganan gizi buruk dan stunting,” katanya, sembari mengajak semua pihak mendukung program nasional vaksinasi untuk memutus rantai penularan virus corona.

Di tempat yang sama, Anggota DPR-RI Komisi V, H Herson Mayulu, S.IP, mengajak seluruh lapisan masyarakat Bolsel dari Molosipat sampai Iligon, tetap menjaga harmonisasi kekeluargaan yang sudah terbangun.

“Karena pembangunan daerah kedepan ditentukan oleh adanya kerja sama dan semangat gotong royong. Temei Molamahu’ yang di diberikan ini merupakan gelar tertinggi Adat Gorontalo yang  di berikan kepada saya,” kata Herson.

Ia berharap seluruh masyarakat Posigadan dan seluruh masyarakat Bolsel, untuk tetap mengedepankan adat istiadat.

“Karena adat mampu menyelesaikan permasalahan di tengah-tengah masyarakat. Kesampingkan segala perbedaan dan mari  bersama-sama menjadikan daerah ini setara dengan daerah-daerah maju di Sulawesi Utara,” ujarnya.

Acara tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda, anggota DPRD, Sekretaris Daerah Marzanzius Arvan Ohy S.STP, para Asisten,  pimpinan PD, Camat, Kepsek, Sangadi, BPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat se Kecamatan Posigadan.

Peliput: Wawan Dentaw

Komentar