oleh

Liga I Musim 2022 Kembali Digulir Tanpa Penonton

BNews, NASIONAL – Setelah dihentikan pasca terjadinya tragedi Kanjuruhan, Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu, kini Liga 1 Musim 2022, kembali digulir.

Namun, digulirnya kompetisi nasional ini akan berbeda dengan sebelumnya.

“Pemerintah mengumumkan kompetisi sepak bola Liga 1 bergulir tanpa penonton,” ujar Menteri  Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) saat mengumumkan digelarnya kembali Liga 1 musim 2022, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin, 5 Desember 2022, siang tadi.

Menko Polhukan yang didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, juga menyampaikan reformasi sepak bola nasional berlangsung usai kesepakatan yang telah dilakukan.

Selain itu, rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan sudah dijalankan.

“Kapolri sudah menjamin keamanannya. Stadion-stadion mulai disiapkan, renovasi, agar memenuhi standar internasional. Ini untuk kepentingan sepak bola kita,” terang Mahfud Md.

Menpora Amali menambahkan pelaksanaan bergulirnya Liga 1 diputuskan menyusul setelah Polri mengeluarkan izin.

PSSI dan PT LIB  juga akan menjalankan dan mematuhi aturan serta panduan yang telah dibuat.

“Kompetisi sepak bola Liga 1 itu diteruskan setelah sempat terhenti. Jadwal dan lain-lainnya sudah ada dan dikoordinasikan kepada Polri,” terang Menpora Amali.

Menurut  Amali, komptisi Liga 1 penting untuk dilanjutkan. Hal ini akan berdampak pada Timnas Indonesia, karena banyak agenda kejuaraan yang akan dihadapi skuat Garuda.

“Kompetisi sangat dibutuhkan Timnas Indonesia. Sebentar lagi Timnas Indonesia akan menghadapi Piala AFF dan kemudian persiapan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2023,” terang Menpora.

Meski sudah diizinkan, Amali menjelaskan, pemerintah akan melakukan evaluasi seiring Liga 1 berjalan. Selain itu, Amali juga berharap, pelaksanaan kompetisi berjalan dengan aman dan lancar, tanpa hambatan apapun.

“Ini adalah format sekarang yang harus dilakukan. Dalam perjalanannya tentu ada evaluasi. Evaluasi akan dilakukan pemerintah dan Polri. Sekarang jalan dulu, bisa saja kedepan ada hal yang diperbaiki untuk kebaikan bersama,” jelasnya sebagaimana dilansir Bolmong.News melalui website kemenpora.go.id

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut hadir pada acara pengumuman tersebut.***

Komentar