KPU Boltim Minta Parpol Segera Lengkapi Berkas Pendaftaran Bacaleg

BNews, BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) meminta Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 untuk segera melengkapi dokumen persyaratan bakal calon legislatif.

Pasalnya, hingga hari ke-sembilan tahapan perbaikan, belum ada satupun parpol yang mencapai 100 persen unggahan perbaikan dokumen pada aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Waktu yang tersisa tinggal empat hari lagi. Untuk itu kami harap agar masing-masing Parpol untuk segera melengkapi perbaikan maupun menyelesaikan unggahan dokumen melalui Silon,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Boltim, Nugroho Lasabuda, Rabu 05/07/2023.

Ia mengungkapkan, KPU telah menyurat ke masing-masing parpol terkait perbaikan syarat administrasi.

Selain itu, KPU juga membuka help desk serta menyiagakan petugas di sekretariat yang siap melayani semua parpol.

“Sudah ada beberapa parpol yang datang, tapi baru sebatas konsultasi. Petugas kita juga setiap hari stand by dan siap melayani semua parpol,” ungkapnya.

Batas akhir perbaikan dokumen persyaratan pada 9 Juli. Itu artinya, kata dia, masih ada waktu beberapa hari lagi bagi parpol untuk melengkapi semua yang dipersyaratkan.

“Kami juga berharap parpol tidak menunggu hari terakhir. Kalau boleh dimulai dari sekarang agar ketika ada yang kurang, masih ada waktu untuk konsultasi dan melengkapinya,” katanya, dibenarkan komisioner KPU lainnya, Ikal Salehe, Wardoyo Elias dan Adchilni Abukasim.

Sementara itu, Ketua KPU Boltim Rusmin Mamonto juga mengatakan hal yang senada.

Di mana kata Rusmin, sampai saat ini belum ada parpol yang memasukkan berkas kelengkapan perbaikan di KPU.

“Sementara, tahapan perbaikan dokumen persyaratan hanya sampai tanggal 9 Juli, dan kami meminta agar semua parpol dapat bekerjasama dengan baik.” ujarnya.

Reporter: Gazali Potabuga

Komentar