Komitmen Kuat Pemkab Bolmong jaga Ketahanan Pangan, Bupati Limi Salurkan Bantuan CPP Pemerintah Tahap II

BNews, BOLMONG – Penjabat Bupati Limi Mokodompit meluncurkan (launching) Penyaluran Cadangan Pangan Pokok (CPP) Pemerintah tahap II, yang dipusatkan di Desa Konarom, Kecamatan Dumoga Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Jumat 22 September 2023.

Peluncuran itu pun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong turut bekerja sama dengan Bulog Sub Divre Bolaang Mongondow.

Diketahui, bantuan tahap II berupa beras tersebut, akan disalurkan ke 18.031  Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se Bolmong.

Penyaluran tahap II ini pun telah dilakukan pengurangan sebanyak 1.322 KPM, dari tahap pertama KPM sebelumnya 19.353.

Untuk jumlah bantuan sendiri yang akan disalurkan total 540.939 kg. Dimana masing-masingnya akan menerima 30 kg per KPM.

Pantauan awak media, Bupati Limi Mokodompit, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada KPM dan ikut didampingi Kepala Dinas Sosial bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bolmong.

Penyaluran cadangan pangan pemerintah itu pun dalam rangka pengendalian inflasi, serta percepatan produksi dan hilirisasi produk pangan.

Demikian, Limi menyampaikan kepada KPM agar bisa dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik, kemudian untuk dikonsumsi bersama keluarga dan tidak diperjualbelikan.

Dalam sambutannya Limi menyampaikan, penyaluran beras CPP ini merupakan program prioritas pemerintah dalam upaya meringankan beban masyarakat.

Bupati juga menambahkan, bantuan tersebut adalah merupakan program dari Badan Pangan Nasional (BPN) dalam rangka melakukan antisipasi, mitigasi dan pelaksanaan keperluan yang ditetapkan Pemerintah.

Mulai dari stabilitas harga, masalah pangan, mengatasi krisis pangan dan pemberian bantuan pangan.

“Kami ucapkan rasa terima kepada Presiden Joko Widodo. Mudah-mudahan bantuan ini dapat membantu meringankan beban warga masyarakat Kabupaten Bolmong,” harapnya.

Diakhir sambutannya, Bupati ikut memberikan apresiasinya kepada Bulog Sub Divre Bolmong, serta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Sosial Bolmong.

“Beras yang disalurkan berjenis premium, bagus dan pasti sudah sesuai standard untuk disalurkan kepada masyarakat,” tandasnya.

Diketahui, usai momen simbolis Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Pangan Pemerintah Tahap II kepada masyarakat, Bupati Limi Mokodompit selanjutnya meresmikan tiga gedung Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) untuk 3 kelompok Gapoktan Kabupaten Bolmong.

Ketiga bangunan LPM tersebut berlokasi di Desa Solimandungan, Desa Ibolian 1 dan Desa Konarom.

Dikatakan, jika kegiatan ini adalah tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 yang menjadi landasan penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah.

Dengan semangat tinggi, Bupati pun berharap, momentum ini dapat bisa memberikan dampak besar bagi masyarakat Kabupaten Bolmong, terutama dalam memperkuat ketahanan pangan.

Tentu, hal ini menandai komitmen kuat Pemkab Bolmong dalam menjaga ketahanan pangan di wilayahnya

Kegiatan tersebut ikut dihadiri perwakilan PT Pura Baru Utama Kudus Jawa Tengah, Ketua KNPI Bolmong, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Sosial, serta beberapa pimpinan OPD, Camat, para Sangadi, Perangkat Desa, serta masyarakat penerima bantuan.

Komentar