Festival Monuntul Dibuka, Pemkot Siapkan Hadiah Jutaan Rupiah

BOLMONGNEWS KOTAMOBAGU –Festival  Monuntul atau malam pemasangan lampu di bulan ramadan 1439 hijriah, resmi dibuka penjabat Wali Kota Kotamobagu, Muhammad Rudi Mokoginta, dilapangan Kelurahan Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan, Minggu (11/6/2018) malam.

Tradisi Monuntul  sudah dilombakan sejak beberapa tahun lalu oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.

Menurut Mokoginta, Monuntul merupakan sebuah tradisi sejak dahulu kala di Bolaang Mongondow dan bukan bagian dari perintah keagamaan.

“Ini merupakan tradisi turun temurun sebagai tanda segera masuknya bulan Syawal atau idul fitri, setelah melaksanakan puasa selama sebulan penuh.Tradisi ini turun-temurun oleh para orang tua kita yang terdahulu. Tentunya kita akan terus melestarikannya,” terangnya.

Mokoginta, bersyukur hingga saat ini tradisi tersebut masih terus dilaksanakan di Kota Kotamobagu. “Saya harapkan kegiatan ini terus berkelanjutan,” tambahnya.

Festival Monuntul yang dilakukan tahun ini, kata Mokoginta, nantinya ada hadiah yang sudah dipersikan oleh Pemkot Kotamobagu.

“Pemkot telah menyiapkan Hadiah berupa trophy dan uang Tunai Puluhan juta rupiah, Insya Allah lomba tahun ini lebih semarak dan tuntul karya-karya masyarakat Kota Kotamobagu lebih bervariasi,” ujarnya. (tr-01/ewin)

Komentar