Diskominfo Bolsel Gelar Sosialisasi Peran PPID dan Aplikasi PINAHANGI

BNews, BOLSEL – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menyelenggarakan sosialisasi peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan penggunaan aplikasi layanan Humas dan Digitalisasi Informasi (PINAHANGI).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat Diskominfo, Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki, Kamis (9/11/2023).

Kepala Dinas Kominfo Bolsel Aldy Gobel mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu bentuk penjabaran Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Ini merupakan amanat undang-undang bahwa setiap badan publik pemerintah harus membentuk struktur PPID untuk mengelola informasi publik,” katanya.

Aldy menjelaskan, acara itu juga sebagai ajang untuk mensosialisasikan aplikasi PINAHANGI.

“Aplikasi yang dikembangkan Diskominfo Bolsel untuk menunjang kinerja PPID dalam mengelola informasi terkait program kerja dan kebijakan-kebijakan strategis pemerintah daerah, yang tujuannya untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah,” jelas Aldy

Aldy menambahkan, aplikasi PINAHANGI saat ini juga telah diajukan sebagai proyek perubahan dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXVI Tahun 2023.

“Terima kasih kepada teman-teman jurnalis yang sudah hadir. Semoga melalui kegiatan ini akan didapatkan pemahaman yang lebih komprehensif terkait PPID dan aplikasi PINAHANGI,” tandasnya.

Reporter: Wawan Dentau

 

Komentar