1 Kasus Positif Corona di Bolmong, Komisi III DPRD: Segera Lakukan Tracking dan Perketat Penjagaan Perbatasan

BOLMONG.NEWS, BOLMONG—Total akumulatif pasien positif Covid-19 atau virus corona di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi 71 orang. Ini menyusul adanya pernyataan juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, Steaven Dandel, Minggu (10/5). Dimana, 18 kasus baru positif corona yang berasal dari daerah Manado, Tomohon, Kotamobagu, Minahasa, Bolaang Mongondow dan Bitung.

Terkait adanya 1 pasien Covid-19 dari daerah Bolmong, Sekertaris Komisi III DPRD Kabupaten Bolmong, Supandri Damogalad SIP, meminta kepada Pemkab Bolmong agar lebih memaksimalkan lagi langkah penanganan dan pencegahan. “Ini harus disikapi dengan lebih serius. Apalagi 1 orang yang terkonfirmasi positif itu merupakan tenaga medis yang beraktifitas di salah satu fasilitas kesehatan di Bolmong,” kata Supandri.

Ia mengatakan, kondisi sekarang ini menjadi perhartian seluruh stackholder. Tracking terhadap tenaga medis yang dinyatakan positif covid-19 itu, harus secepatnya dilakukan oleh tim gugus Kabupaten Bolmong dan hasilnya disampaikan secara transparan. “Sambil memberikan motivasi dan dukungan moril kepada yang bersangkutan. Karena aktifitas pelayanan yang menjadi garda terdepan menangani pasien adalah tugas para tenaga medis,” katanya.

Lanjutnya, Pemkab harus secepatnya menambah lagi pos pemeriksaan diseluruh wilayah perbatasan Bolmong, dengan melengkapi petugas dengan Alat Pelindung Diri (APD). “Wilayah pantura Bolmong merupakan jalur lintasan kendaraan dari wilayah se Sulawesi. Ini harus diproteksi. Demikian juga kalau melihat kondisi sekarang ini masih ada masyarakat yang beribadah di Masjid, pasar masih penuh dengan pedagang dari luar daerah. Bahkan minimarket seperti Alamart dan Indomart masih beraktifitas hingga pukul 11 malam. Semua ini masih butuh tindakan yang tegas, untuk mencegah meluasnya virus diwilayah Bolmong,” tegasnya.

Ia pun menghimbau, adanya kerjasama dari seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memutus mata rantai virus yang mematikan itu. “Mari kita tingkatkan kewaspadaan, jalankan aktivitas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, rajin cuci tangan, hindari kerumunan, pakai masker apabila keluar rumah, keluar rumah jika ada yang penting dan mendesak serta jaga jarak apabila berhadapan dengan orang lain,” imbau Supandri yang juga Ketua Ansor Bolmong itu.

Diketahui, sebagaimana rilis tim gugus tugas Covid-19 Sulut, pasien 63 laki-laki 54 tahun, asal Bolaang Mongondow, merupakan tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan Bolmong. (ewin)

Komentar