Iswahyudi Masloman dari Hobi Menulis Kini Jadi Wartawan

KOTAMOBAGUWartawan menjadi salah satu profesi yang digandrungi banyak orang.

Padahal tidak semua wartawan memperoleh penghasilan memadai baik itu sebagai wartawan di media cetak, online maupun radio.

Anehnya, meski profesi ini hanya memperoleh pendapatan yang tidak terlalu besar,  tidak sedikit juga orang ingin menjadi wartawan dan mengantongi kartu peliputan. Diantaranya, Iswahyudi Masloman.

Meski tidak sesuai dengan latar belakang ilmu pendidikan yang dimilikinya, menjadi seorang jurnalis di media online lokal di Bolaang Mongondow Raya adalah pilihan Udi panggilan akrabnya.

Alumni Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Sam Ratulangi Manado Tahun 2011 ini, memiliki dua alasan menjadi motivasi sehingga memilih wartawan sebagai tempat mengabdikan dirinya.

Yakni karena hobi menulis dan kedua menyampaikan aspirasi masyarakat melalui pemberitaan.

Menurut pria berkacamata kelahiran Tondano, 1 Desember 1983 ini, wartawan memiliki tugas yang mulia.

Sosok yang humoris itu pun berkeyakinan, berangkat dari sikap proaktif yang tumbuh dari dirinya serta tuntutan hidup mandiri, ia mampu menjalankan profesinya dengan profesional.

Udi menjadi seorang wartawan secara autodidak, dia bekerja sambil belajar dan terus belajar.

Profesi wartawan  ini juga ditekuninya sebagai sumber pendapatan utama secara konsisten.

“Menurut saya tolok ukur wartawan sukses berkat karya-karya jurnalistiknya yang bermutu dan teruji,” ucap Udi sembari mengungkapkan harapannya sebagai insan pers akan bisa menjadi motivator masyarakat khususnya di bidang pers dan kewartawanan.

Meski pekerjaannya berat, kata Udi yang sudah mengikuti kompetensi wartawan jenjang madya itu, ada sebuah kebanggaan ketika produk jurnalistik yang ia sajikan, di dengar, ditindaklanjuti oleh pemerintah dan para petinggi di negeri ini.

Ia juga menaruh harapan melalui pemberitaan yang disajikan, akan memberikan manfaat positif untuk pembangunan daerah.

“Terutama untuk daerah serta orang-orang yang membutuhkan peran media dalam menyampaikan aspirasinya,” kata Udi yang kini bekerja di media online BeritaTotabuan.Com.

Sejak tahun 2013 berkecimpung di dunia media, ada beberapa program terlahir melalui pemberitaannya. Bahkan, sekarang ini dijadikan sebagai program pemerintah daerah.

“Salah satunya penanaman pohon untuk para pengunjung taman hutan Kota Kotamobagu,” kata Udi yang juga pecinta musik itu, beberapa waktu lalu.

Penulis: Erwin Makalunsenge.

Komentar