oleh

Wujudkan Predikat WBK-WBBM, Kantor Imigrasi Kotamobagu Lakukan Studi Tiru ke Imigrasi Makassar

KOTAMOBAGU – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu melakukan Studi Tiru ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar, Kamis 23 Juni 2022.

Rombongan Studi Tiru ini pun dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobgu Usman SE MH.

Turut serta juga perwakilan tim pembangunan Zona Integritas (ZI) Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu.

Rombongan pun disambut langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar Agus Winarto Amd Im SH MSi, serta seluruh pejabat struktural yang ada.

Mengawali kunjungan, bertempat di ruang rapat Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar, Agus Winarto ikut menyampaikan sambutan selamat datang atas kunjungan Kantor Imigrasi Kotamobagu.   

Agus Winarto berharap, agar Kantor Imigrasi Kotamobagu dapat melihat dan mengamati inovasi – inovasi yang telah ada dan sedang berjalan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar.

“Mari dengan menerapkan prinsip ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi),” kata Winarto.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama ketua pembangunan ZI Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar ikut menyampaikan pemaparannya terkait keberhasilan pembangunan ZI.

“Pada prinsipnya, kunci pelaksanaaan pembangunan ZI di Imigrasi Kelas I TPI Makassar, yakni kekompakan dan komitmen bersama seluruh jajaran kantor,” tandasnya. 

Di sisi lain, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu Usman, menyampaikan apresiasi kepada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar. Dirinya menilai, apa yang ada di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar tentu hal yang sangat luar biasa.

Oleh itu, Studi Tiru ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makasar ini pun dianggap tepat baginya. Apalagi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makasar telah berhasil memperoleh predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2020 oleh Kemenpan-RB dan meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2019.

Selain itu Ia sangat berharap, tim Studi Tiru pihaknya dapat melakukan pengamatan dan mempelajari berbagai inovasi – inovasi yang ada di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar. 

“Tentunya dengan dilaksanakannya kegiatan Studi Tiru pada unit kerja yang menjadi percontohan dalam pembangunan ZI menuju WBBM ini, dapat memberikan banyak pelajaran dan percontohan bagi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu dalam mempersiapkan diri menuju kontestasi WBBM,” pungkas Usman.

Di penghujung kegiatan seluruh tim Studi Tiru mengikuti tour lapangan dengan melihat keseluruhan infrastruktur dan pelayanan keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar, beserta inovasi-inovasi pelayanan yang mendukung pembangunan ZI menuju WBBM. 

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar