Wujud Pembinaan Kepribadian, Warga Binaan Rutan Kotamobagu Ikut Belajar Mengaji

KOTAMOBAGU – Dalam upaya memberantas buta huruf Al Quran, UPT Rutan Kelas IIB Kotamobagu Kanwil Kemenkumham Sulut, melaksanakan taman baca untuk warga binaan yang belum bisa mengaji.

Kepala UPT Rutan (Karutan) Kelas IIB Kotambagu Kanwil Kemenkumham Sulut Setyo Prabowo mengatakan, hal tersebut adalah salah satu bagian dari program pembinaan kepribadian bagi warga binaan.

Selain itu, pihaknya sendiri menyadari masih adanya warga binaan beragama Islam yang belum bisa membaca Al Quran.

Apalagi Rutan Kotamobagu dihuni warga binaan yang heterogen. Mulai dari berbagai ragam suku, budaya maupun agama.

Sehingga itu, Rutan Kotamobagu terus menggenjot pembinaan kepribadian dengan membuka taman baca Al-Quran bagi warga binaan.

“Jadi taman baca ini, konsepnya adalah Taklim Wa Taklum, yaitu belajar dan mengajari,” terang Karutan Setyo Prabowo, Rabu, 23 Feberuari 2022.

“Artinya, warga binaan yang sudah lancar membaca Al Quran, mengajari warga binaan lainnya untuk bisa membaca,” sambung Setyo Prabowo.

Menuru Setyo Prabowo, butuhkan kesabaran dan harus berulang-ulang untuk bisa membaca Al Quran.

Ini degan tujuan, memperkuat daya ingat kita terhadap huruf-huruf hijaiyah yang merupakan dasar membaca Al Quran.

“Kalau sudah ingat, maka akan cepat membaca Al Quran. Apalagi kegiatan ini dilaksanakan hampir rutin setiap hari,” ucap Prabowo.

Setyo Prabowo berharap, bisa mendatangkan guru ngaji dari luar. Namun, saat ini masih terkendala dengan pandemi.

“Jadi warga binaan yang belum bisa membaca Al Quran dapat belajar kepada warga binaan lainnya yang sudah bisa,” pungkas Setyo Prabowo.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar