oleh

Wawali Dampingi Tim Penilai PPD, Kota Kotamobagu Masuk Nominasi

BolmongNews.com, KotamobaguWakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, mendampingi tim penilai penghargaan pembangunan daerah (PPD) dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jumat (22/2/2019).

Beberapa tempat dikunjungi diantaranya, Data Center di Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Kantor PDAM, Cafe Biji merah dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu.

Tim penilian PPD Samuel P Ratag mengatakan, penilaian tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana proses perencanaan  hingga pembangunan yang dilakukan oleh daerah. Salah satunya di RSUD Kota Kotamobagu.

“Ada beberapa indikator, penilaian ini tidak hanya pada satu hal saja, akan tetapi secara menyeluruh. Seperti pada pelayanan di rumah sakit. Jika pelayanannya meningkat pasti IPM nya juga naik,” kata Ratag yang juga akademisi itu.

Hasil penilian dilapangan ini nanantinya akan di laporkan ke Bappeda Provinsi Sulut untuk ditindaklanjuti ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Semua data yang menjadi indikator akan dicatat mulai dari ketersediaan dukungan program dan keterkaitan proses pembangunan daerah yang berkelanjutan, dan data proses perencanaan pembangunan termasuk penganggaran dan pengawasan daerah. Ini yang akan masuk ke Bappenas,” ungkap tim penilian lainnya, DR Adharto Utia MSi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, mengatakan kunjungan tim penilai PPD itu berkaitan dengan proses penilaian PPD tahun ini.

“Data Center dan RSUD Kotamobagu ini menjadi salah satu indikator dalam proses pengawasan dalam kemajuan pembangunan daerah, karena berbagai aktivitas yang ada diKotamobagu bisa diketahui, termasuk pelayanan publik dan keluhan masyarakat,” ujar Nayodo.

“Ketika tim penilai datang kita langsung ikut mendampingi untuk menunjukkan sejauh mana proses pembangunan yang telah terintegrasi di daerah ini, serta sejauh mana tranparansi pembangunan yang telah dilakukan pemerintah,” tambah Nayodo. (ewin)

Komentar