Warga Merasa Terbantu Adanya Layanan Paspor Merdeka Kantor Imigrasi Kotamobagu

BNews, KOTAMOBAGU – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut), membuka Layanan di Akhir Pekan, Sabtu 5 Agustus 2023.

Pelayanan publik itu bernama Layanan Paspor Merdeka. Bahkan, pantauan bolmong.news, Kantor Imigrasi Kotamobagu juga ikut membuka gerai kecil sebagai tempat layanan publik maupun konsultasi Hukum.

Hal itu pun dilakukan Kantor Imigrasi Kotamobagu sebagai bentuk pelayanan untuk memfasilitasi warga yang sibuk pada hari-hari kerja, Senin-Jumat.

Selain itu, berbagai jenis layanan Kemenkumham juga ikut dibuka, mulai dari Pelayanan Publik Kekayaan Intelektual, Pelayanan Publik Administrasi Hukum Umum, Pelayanan Imigrasi dan Pelayanan Publik Pemasyarakatan.

Semua Layanan itu pun ikut disosialisasikan kepada warga saat datang ke Kantor Imigrasi Kotamobagu.

Layanan Paspor Merdeka ini sendiri, diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) atau Hari Kemenkumham RI ke 78.

Bahkan Layanan Paspor Merdeka juga diselenggarakan serentak di Kantor Imigrasi seluruh Indonesia, pada Sabtu 5 Agustus 2023. Termasuk Kantor Imigrasi Kotamobagu.

“Saya cukup puas dengan pelayanan yang ada di Kantor Imigrasi Kotamobagu,” ungkap Nawan Siregar, kepada bolmong.news.

Bahkan, kata salah satu pemohon Paspor ini mengungkapkan, selain puas, prosesnya juga cukup mudah, selain itu pelayanannya cepat dan tepat.

Pada pokoknya, ia menambahkan, jika dirinya merasa terbantu dengan Layanan Paspor Merdeka Kantor Imigrasi Kotamobagu ini.

“Saya hari ini mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kotamobagu dan merasa terbantu, apa lagi pelayanannya sangat ramah, sangat cepat dan tepat. Terimakasih Kemenkumham RI,” imbuhnya.

Ia pun berharap, agar Layanan Paspor Merdeka ini dapat diteruskan.

“Semoga ini dapat diteruskan, apalagi pelayanan ini dlakukan di luar jam kerja, dan saya merasa terbantukan. Dan semoga kedepannya bisa membantu masyarakat dikemudian hari,” ucap Nawan Siregar yang berprofesi sebagai pegawai Kejaksaan ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kotamobagu Teddy Kuantano Achmad mengatakan, jika Layanan ini memang ditujukan bagi pekerja atau pelajar yang tidak punya kesempatan untuk membuat paspor saat hari kerja.

Sehingga itu, pihaknya membuka peluang dan memfasilitasi bagi warga Kotamobagu yang sibuk.

Ia juga mengajak, agar seluruh masyarakat Kotamobagu bisa berpartisipasi seluruh rangkaian yang akan diselenggarakan.

“Bagi masyarakat yang ingin mengajukan paspor, kami menghadirkan Layanan Paspor Merdeka,” ucapnya.

Demikian, sesuai dengan tema kali ini “Kemenkumham Semakin Berkualitas untuk Indonesia Maju” pihaknya memberikan kemudahan kepada para pemohon dalam menerima layanan Keimigrasian.

“Saya berharap, kegiatan ini bisa bermanfaat dan sekaligus bisa memeriahkan Hari Kemenkumham RI ke 78,” pungkasnya.

Sekdara informasi, bahwa warga Kotamobagu sedari pagi sudah memadati halaman Kantor Imigrasi Kotamobagu untuk mendapatkan Layanan Paspor Merdeka.

Kegiatan Layanan publik ini pun, juga turut dipantau langsung Kepala Kanwil Sulut Ronald Lumbuun, melalui Kepala Bidang Inteldakim Kumenkumham Sulut Arthur Mawikere.

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar