Tidak Hanya Kedisiplinan, ASN Pemkot Kotamobagu Diminta Harus Buat Terobosan

BNew, KOTAMOBAGU – Pengawasan dan penegakkan disiplin menjadi salah satu yang disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, dalam apel perdana tahun 2024, Kamis (4/1/2024).

Asripan menegaskan, seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Tenaga Harian Lepas (THL) Pemkot Kotamobagu, untuk senantiasa meningkatkan disiplin dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab.

“Khusus untuk penegakan dan pengawasan disiplin ini, saya meminta komitmen seluruh jajaran Pemkot Kotambagu mulai dari sekretaris daerah, para asisten, staf ahli, inspektur daerah dan seluruh pimpinan OPD dapat melaksanakan penegakkan dan pengawasan disiplin secara tegas,” katanya.

Dia menerangkan, mulai dari disiplin kerja maupun disiplin waktu.

“Termasuk penggunaan pakaian dinas bagi ASN Pemkot Kotamobagu sesuai ketentuan,” terangnya.

Asripan juga meminta kepada seluruh aparat pemerintah daerah Kotamobagu untuk lebih meningkatkan kinerja.

Sehingga akan mendorong efektivitas, efisien kerja dan profesionalitas  ASN dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan.

Selain itu, dia berharap, seluruh ASN di jajaran Pemkot Kotamobagu untuk membuat terobosan dalam bentuk inovasi, kreativitas, improvisasi dalam hal melaksanakan tugas.

“Supaya tidak monoton, copy paste kegiatan tahun-tahun yang lalu di copy tahun ini untuk dilakukan. Setelah ditanya kenapa membuat kegiatan ini tidak ada inovasi? Karena tahun lalu bikin SPj gampang dan banyak SHUnya. Kalau begini cara berfikir kita, pasti akan ketinggalan sebuah perubahan-perubahan kearah perbaikan kesejahteraan dan kualitas pelayanan bagi masyarakat,” terangnya.

Lanjutnya, seorang ASN harus melaksanakan tugasnya dengan baik dan ikhlas serta berpegang teguh pada tri matra pengabdian.

“jika tugas pokok dan fungsi serta tanggungjawab sebagai seorang ASN dapat dilaksanakan dengan baik dan ikhlas, serta selalu berpegang teguh pada tri matra pengabdian, disiplin, professional dan loyalitas, Maka Insya Allah cita-cita kita semua membawa daerah kita tercinta ini agar lebih maju dan sejahtera akan dapat terwujud,” katanya

Tahun 2023, kata  Asripan, adalah tahun evaluasi atau merefleksi terhadap perjalanan Kota Kotamobagu.

“Tahun 2024 adalah tahun harapan baru, semangat baru dan optimisme baru,” tambahnya.

Dia menambahkan, tugas ASN paling utama adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat serta mengoptimalisasi pelayanan.

Di sisi lain, dia memberikan apresiasi kepada semua pihak atas capaian kinerja pada tahun 2023.

“Saya secara pribadi, maupun tugas yang diberikan kepada saya, saya harus mengatakan, saya berikan apresiasi tahun 2023 atas kerja-kerja birokrasi, yang saya menganggap sukses dan berprestasi,” ucapnya.

Menurutnya, capaian kerja yang diperoleh di semua tingkatan jajaran Pemkot Kotamobagu pada tahun 2023, menjadi penyumbang dalam pembangunan.

“Kerja-kerja yang ditunjukan oleh bapak-bapak dan ibu-ibu tentu dibawa koordinasi para pimpinan SKPD, Camat, Lurah, Sangadi telah berkontribusi dalam hal percepatan pembangunan di Kota Kotamobagu,” pungkasnya.

Penulis: Erwin Ch Makalunsenge

Komentar