Serahkan SK 100 Persen, Asripan: Hilangkan Pikiran Menjadi ASN untuk Jadi Kaya

BNews, KOTAMOBAGU –  Surat Keputusan (SK) 100 persen pengangkatan 299 Pegawai Negeri Sipil (PNS) formasi tahun 2021 di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu resmi diserahkan, Senin (9/10/2023).

SK tersebut diserahkan langsung Pj Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani, yang sekaligus memimpin prosesi pengambilan sumpah janji PNS di lingkungan Pemkot Kotamobagu.

Melalui sambutannya, Asripan menyampaikan, bahwa PNS sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pilar penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Dengan diterimanya SK tersebut lanjutnya, maka lengkap sudah status 299 PNS formasi 2021 menjadi ASN di lingkungan Pemkot Kotamobagu

“Ketika disumpah didampingi kitab suci, maka apa yang adik adik PNS ucapkan adalah sesuatu yang sifatnya sakral dan suci. Sumpah yang diucapkan tidak hanya disaksikan oleh sesama tapi disaksikan Tuhan Yang Maha Esa,” katanya.

Dikatakannya lagi, menjadi seorang ASN tentu tidaklah mudah karena harus mengikuti jalan yang begitu ketat, termasuk harus bersaing  dengan kompetitor, sehingga sudah sepatutnya disyukuri.

“Untuk itu jaga, hormati dan pelihara itu dalam pengabdian sebagai seorang aparatur sipil negara kedepannya,” pesan Asripan.

Profesi ASN tidak menjanjikan kaya, namun setidaknya kehidupan dijamin oleh negara. Olehnya Asripan kembali menekankan kepada ASN Pemkot Kotamobagu untuk menghilangkan pikiran bahwa menjadi ASN itu untuk menjadi kaya.

“Menjadi ASN profesional, harus didukung 3 aspek. Pertama, knowledge atau pengetahuan, kedua memiliki pengaturan emosional yang mapan dan ketiga memiliki keterampilan yang baik seperti teknikal skil. Selain itu faktor lainnya, ASN juga harus mempunyai  kematangan sosial, artinya peka dalam berbagai situasi,” tuturnya.

Di sisi lain, Asripan juga menitipkan pesan untuk mengimplementasikan  AKHLAK, yakni nilai-nilai yang harus dipegang teguh ASN.

“ASN juga harus memegang teguh AKHLAK. Adaptif, Kompeten, Harmonis, Loyal, Akuntabel dan Kolaboratif,” pungkasnya.

Kegiatan yang digelar di Gedung Bagas Raya Yadika Desa Kopandakan II tersebut turut dihadiri para Asisten, Pimpinan OPD, para Camat serta Lurah dan Kepala Desa se Kota Kotamobagu.

Reporter: Miranty Manangin

 

Komentar