Peringatan Hari Lahir Pancasila, Jajaran Kantor Imigrasi Kotamobagu Kompak Kenakan Pakaian Adat

BNews, KOTAMOBAGU – Jajaran pegawai Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut), menggelar Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis 1 Juni 2023.

Upacara dengan mengangkat tema “Gotong Royong Membangun Peradapan dan Pertumbuhan Global” tersebut, berlangsung dengan penuh khidmat, di halaman Kantor Imigrasi Kotamobagu, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Jalannya upacara pun dipimpin langsung Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu Teddy Kuantano Achmad.

Baca JugaWali Kota Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Menariknya, upacara kali ini pun menampilkan beragam pakaian adat berbagai daerah di Indonesia.

Tak terkecuali Kepala Kantor Imigrasi Kotamobagu, bahkan seluruh pegawai baik itu ASN maupun Non ASN, ikut mengenakan pakaian adat.

Teddy Kuantano Achmad yang juga selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam kesempatan itu menyampaikan amanat Presiden Joko Widodo.

Dalam amanatnya yang dibacakan Teddy Kuantano Achmad, Presiden mengingatkan kembali untuk mengamalkan nilai ideologi Pancasila, mengenang jasa para pendahulu, serta mensyukuri prestasi bangsa Indonesia berkat bimbingan Pancasila.

Baca JugaDPRD Bolmut Godok Perda terkait Stunting

Selain itu juga, Presiden mengingatkan untuk bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia guna memperjuangkan visi Indonesia 2045 menjadi Indonesia Maju, Naik kelas dari negara berkembang menjadi negara maju yang adil, sejahtera dan merata.

“Serta berwibawa dalam percaturan pergaulan dunia,” ucap Teddy Achmad.

Apalagi, kata Teddy Achmad, pemerintah saat ini terus berjuang untuk menghadirkan pembangunan Indonesia Sentris yang adil dan merata.

“Keadilan dan pemerataan harus dipadukan dengan kesejahteraan yang diwujudkan melalui reformasi structural, peningkatan kualitas SDM dan hilirisasi industry,” ujarnya.

Di akhir sambutan, Teddy Achmad berharap, melalui Peringatan Hari lahir Pancasila kali ini, dapat semakin meningkatkan semangat jiwa Pancasila yang dimiliki masing-masing pegawai dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

 

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar