oleh

Pemkot Kotamobagu Beri Suport UMKM

BOLMONGNEWS, KOTAMOBAGU — Acara pelaksanaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Tingkat Sulawesi Utara, yang dipusatkan di Kota Kotamobagu, Selasa (25/10/16), resmi dibuka Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandow.
Dalam sambutannya, Wagub mengatakan, reformasi koperasi perlu dilakukan untuk meningkatkan kwalitas koperasi itu sendiri.”Koperasi saat ini lebih dipentingkan pada kwalitas, tak perlu sebanyak dulu, output dan out comenya jelas. Bermanfaat bagi anggota, pengurus dan masyrakat, jangan lagi seperti dulu koperasi hanya memperkaya sekelompok orang saja, “ kata Wagub.
Sementara itu, Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara menjelaskan, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu terus memberikan perhatian terhadap perkembangan koperasi yang ada di daerah ini. Perhatian Pemkot dalam bentuk dukungan dan berbagai fasilitas, baik yang berkaitan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, melalui pelatihan teknis dan manajemen lembaga dan usaha. Selain itu kemudahan bagi koperasi dalam mengakses perijinan maupun permodalan melalui pelayanan yang cepat dan mudah.
“Dalam mendukung perkembangan usaha mikro kecil dan menengah, Pemerintah Kota Kotamobagu melalui APBD Tahun 2016 telah memberikan bantuan dana kepada 100 orang khususnya yang bergerak pada industri kecil rumah tangga dengan total bantuan dana sebesar Rp 171.700.000.” ujar Walikota
Lanjut Walikota, selain bantuan dana, Pemerintah Kota Kotamobagu juga memberikan fasilitas berupa sertifikat.
“Selain dana juga pemberian sertifikat izin usaha mikro dan kecil kepada 400 pelaku usaha mikro kecil dan menengah secara gratis,” terang Walikota.
Walikota menambahkan, perkembangan koperasi di Kota Kotamobagu dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Dimana, per September 2016 jumlah koperasi aktif di daerah ini seluruhnya berjumlah 73 koperasi.
“Demikian juga dengan perkembangan jumlah para pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kotamobagu saat ini berjumlah 3402 pelaku usaha yang terdiri dari usaha mikro 2206 pelaku usaha, usaha kecil 1002 pelaku usaha dan usaha menengah 194 pelaku usaha,” tambahnya.
Diinformasikan dalam acara tersebut Wakil Gubernur Steven Kandow memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Kotamobagu atas upaya untuk peningkatan dan perbaikan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan yang teukur dan nyata. Selain itu, menyerahkan penghargaan kepada koperasi di Sulawesi Utara yang berprestasi serta bantuan permodalan dari pihak perbankan kepada Usaha Kecil.
Kegiatan yang di laksanakan di Lapangan Kotamobagu dihadiri sejumlah Bupati/Walikota se Provinsi Sulawesi Utara, Ketua Dewan Koperasi wilayah Sulut Jemmy Hengky Lelet,SH , Ketua dan jajaran pengurus dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota kotamobagu,  Anggota Forkopimda, Pihak Perbankan, Koperasi, Usaha Kecil serta para pejabat dilingkungan Pemkot Kotamobagu. (tr01)

Komentar