oleh

Over Kapasitas, Perilaku Warga Binaan Terus Diperiksa Tim Medis Rutan Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Selama menjalani masa tahanan di dalam Rutan Kotamobagu, perilaku para warga binaan diperiksa.

Pemeriksaan itu, dilakukan oleh Tim Medis Rutan Kotamobagu Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut), Kamis 4 Agustus 2022.

Mengawali pemeriksaa, tim pun mulai melakukan peninjauan dari blok dan kamar hunian, hingga terkait perilaku hidup sehat para warga binaan yang ada.

Kepala Rutan Kotamobagu Setyo Prabowo mengatakan, hal ini sudah mulai rutin dilaksanakan. Paling tidak seminggu sekali, mulai dari hari kamis.

“Tim Medis ikut juga meninjau langsung kesehatan warga binaan, termasuk kondisi kamar serta sirkulasi udara,” katanya.

Pemeriksaan ini sangat penting dilakukan, mengingat daya tampung Rutan yang saat ini sudah mengalami over kapasitas. Tentu juga akan berdampak pada kualitas kesehatan warga binaan, sebab harus berdesakan.

“Oleh karena itu, selalu diingatkan dan disosialisasikan agar perilaku hidup sehat harus dibiasakan bagi warga binaan, baik dengan selalu membersihkan kamar, menjemur kasur, mengatur barang agar tidak sempit,” ujar Setyo Prabowo.

“Selain itu, tidak menumpuk sampah di dalam kamar, serta harus rutin berolahraga dan ini menjadi perhatian serius Tim Medis Rutan,” sambung Setyo Praboowo.

Bahkan, Setyo Prabowo mengatakan, para warga binaan yang ada di dalam Rutan, kesehatannya menjadi perhatian petugas medis.

“Kami selalu mengingatkan kepada warga binaan yang ada, jika merasa kurang enak badan atau sakit, untuk segera dapat melapor ke petugas untuk dapat segera diberi tindakan medis dengan segera,” tandasnya.

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar