oleh

Karutan Setyo Prabowo Ikut Bersama Kampanyekan “Say No To Drugs” di Puncak Peringatan HANI 2022

KOTAMOBAGU – Sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan dunia internasional atas penyalahgunaan dan peredaran narkotika yang kian membahayakan, di momentum puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2022 yang dipusatkan di lapangan olahraga Desa Tapa Aog, Kecamatan Lolayan, Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas IIB Kotamobagu, ikut bersama-sama kampanyekan “Say No To Drugs” atau katakan tidak pada narkoba, Senin 27 Juni 2022.

Karutan Kotamobagu Setyo Prabowo yang turut menghadiri undangan Peringatan HANI 2022 tersebut mengatakan, pihaknya sedari awal telah berkomitmen dalam mendukung upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) secara moril.

Namun, semua ini kata Setyo Prabowo, butuh adanya dukungan secara optimal dari berbagai elemen masyarakat sekitar.

Sehingga itu, di momentum HANI Tahun 2022 ini yang dirayakan pada 26 Juni setiap tahunya, tentu kembali mengingatkan masyarakat tentang bahaya narkoba.

“Sekaligus membangun kesadaran semua pihak bahwa narkoba adalah barang yang berbahaya, apalagi ini sampai kepada generasi mudah Indonesia,” kata Setyo Prabowo. 

“Peringatan HANI 2022 ini juga merupakan semangat Rutan Kotamobagu dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan Gelap Narkotika atau P4GN,” sambungnya.

Bahkan, lanjutnya, Rutan Kotamobagu Kanwil Kemenkumham Sulut sedari awal telah menggandeng BNN Kabupaten Bolmong, dalam memberikan penyuluhan atau sosialisasi terkait P4GN kepada seluruh warga binaan kita, hingga para pegawai yang ada.

Tak main-main dengan perang melawan narkoba, seluruh warga binaan pun telah dilakukan tes urin satu persatu.

“Namun, dari hasil tes urin yang dilakukan, seluruhnya negatif. Artinya, Rutan Kotamobagu bersih dari narkoba. Kami siap terus mengkampanyekan P4GN secara khusus di dalam Rutan,” tegasnya.

“Pada prinsipnya, mari bersama perang dan lawan narkoba, Say No To Drugs,” ucapnya lagi.

Setyo Prabowo pun ikut menyampaikan, selamat memperingati HANI 2022, sesuai dengan tema hari ini, Kerja Cepat, Kerja Hebat, Berantas Narkotika di Indonesia “Speed Up Never Let Up”, mari wujudkan Kabupaten Bolmong Bersinar bersih dari penyalahgunaan Narkotika.

Diketahui, acara yang digelar oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bolmong, turut dirangkaikan dengan pencanangan dua Desa Bersih Narkoba (Bersinar) oleh Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit.

Desa Bersinar tersebut, yaitu Tapa Aog dan Bombanon, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolmong.

Selain itu, turut hadir Kepala BNN Kabupaten Bolmong AKBP Yuli Setiawan Dwi Purnomo, Kepala Pengadilan Agama Bolmong, Kapolres Bolmong, Kapolres Kotamobagu, Dandim 1303/BM, Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Kanim Kotamobagu, para Pimpinan OPD, Camat Lolayan, Sangadi Desa Tapa Aog, Sangadi Desa Bombanon, Tokoh Agama, Masyarakat, Pemuda dan unsur Forkompimcam.

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar