Jelang Idul Adha 1444 H, Tim TPID Awasi Harga Sembako

BNews, KOTAMOBAGU – Menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu terus memantau pergerakan harga sembako di pasaran.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Kotamobagu, Ilmar Zaldi Rusman, kepada Bolmong.News,  saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/6/2023).

“Beberapa hari lalu kami bersama Dinas Perdagangan, sudah membicarakan terkait kemungkinan terjadinya pergerakan harga komodoti terutama beras dan sembako yang ada di pasaran,” kata Ilmar.

Ilmar menuturkan, jika terjadi indikasi kenaikan harga bahan pokok dan komoditi di pasaran hingga mengakibatkan inflasi, maka pihaknya bersama tim TPID akan segera mengambil tindakan.

“Jika terjadi pergerakan dan kenaikan harga yang cukup signifikan hingga mempengaruhi data inflasi, maka kami bersama tim TPID akan mengambil langkah konkrit dengan turun langsung dilapangan,” ujarnya.

Ilmar mengungkapkan, saat ini pihak pemerintah belum mengambil langkah intervensi terkait harga-harga. Hal itu disebabkan harga sembako dan komoditi beras masih berada di posisi batas normal.

“Dari pantauan kami harga-harga dilapangan masih terbilang normal dan cenderung stabil, sehingga kami pun tidak melakukan intervensi terhadap situasi pangsa pasar hari ini. Dan terkait pemenuhan kebutuhan masyarakat akan komoditi beras, pemerintah saat ini masih memiliki ketersediaan beras Bulog hingga Dua tahun kedepan,” pungkasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar