oleh

Dinsos Gelar Pelatihan

BOLMONGNEWS, KOTAMOBAGU – Guna mengurangi angka pengangguran diwilayah Kota Kotamobagu, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker)  menggelar beragam jenis pelatihan.
Hal tersebut disampaikan Kepala Dinsosnaker, Haris Podomi, kemarin.
“Pelatihan ini bermacam-macam. Dari delapan kegiatan pelatihan yang akan dilaksanakan, sudah tujuh yang selesai. Jika hasil pelatihan ini digunakan oleh peserta dengan baik maka secara otomatis pengangguran akan mengalami penurunan,” katanya.
Ia mengungkapkan dengan adanya pelatihan yang dilakikan selama ini, angka pengangguran semakin berkurang.
“Jika tahun sebelumnya angka pengangguran di Kotamobagu tercatat dikisaran 9000-an orang, saat ini berdasarkan data yang ada, tinggal tersisa 4600 orang,” ungkapnya.
Ia menambahkan, melalui pelatihan masyarakat memiliki keterampilan dan bisa membuka lapangan pekerjaannya sendiri ataupun bekerja di tempat yang lain.
“Iya jadi sudah siap pakai semua. Tergantung dari perserta itu sendiri apakah membuka usaha atau bekerja ditempat diminati,” tambahnya,
Sejumlah pelatihan tersebut yaitu, bidang pengoperasian komputer, , satpam, servis alat elektronik, music, driver, perbengkelan mobil bensin, teknisi komputer dan pelatihan menjahit.
“Ini merupakan program kerja sebagaimana tersusun dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA),” tutupnya. (tr05)

Komentar