oleh

Budidaya Ternak Itik Mulai Dikembangkan

BOLMONGNEWS KOTAMOBAGU–Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu memberikan dukungan pengembangan budidaya unggas di sejumlah kelompok di Kota Kotamobagu.

Hal ini menyusul adanya program Dinas Pertanian dan Perikanan Kotamobagu pada tahun ini, untuk budidaya itik (bebek) petelur.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Muljadi Soeratinojo, mengatakan, direncanakan ada tiga kelompok tani dalam waktu dekat akan disalurkan bibit  bebek.

Yakni, kelompok tani di Kelurahan Tumobui Kecamatan Kotamobagu Timur, kelompok tani di Kelurahan Kotamobagu Kecamatan Kotamobagu Barat dan kelompok tani di Kelurahan Genggulang Kecamatan Kotamobagu Utara. Masing-masing kelompok, nantinya akan mendapatkan 500 ekor bebek petelur.

“Dalam waktu dekat ini, kami akan menyalurkan bantuan kepada tiga kelompok tersebut. Diharapkan bantuan bebek petelur ini bisa meningkatkan perekonomian dari kelompok,” kata Muljadi, Rabu (15/8).

Ia menambahkan, di Kota Kotamobagu sendiri masih sangat kurang budidaya ternak bebek petelur ini.

“Ya masih kurang dan jarang, tapi ada juga beberapa petani yang sudah mulai mengembangkannya, meskipun masih kategori industri rumah tangga,” tambahnya.

Terpisah, salah satu pembudidaya bebek petelur asal Kotamobagu, Nuhing Kandoli, mengatakan, usaha tersebut sudah digelutinya sejak beberapa tahun lalu.

“Untuk saat ini sudah 400 ekor. Per hari rata-rata sudah bisa menghasilkan 300 telur, tapi semuanya juga tergantung cuaca, jika musim kemarau produksi pasti akan berkurang,” ujarnya.

Menurutnya, yang menjadi kendala hanya pada musim kemarau, karena tidak ada air. “Bebek itu memerlukan air yang banyak,” tuturnya sembari mengatakan, dari Dinas Pertanian dan Perikanan sering berkunjung ke tempatnya. Bahkan direncanakan bebek petelur miliknya Itu, akan dijadikan bibit untuk bantuan kelompok. (tr-01/ewin)

Komentar