4 Parpol Terancam Tak Dapat Dana Banpol

BolmongNews.com, Kotamobagu—Dana Bantuan untuk 8 Partai Politik (Parpol) pemilik kursi di DPRD Kotamobagu segera dicairkan oleh Pemkot melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Namun, dari data yang ada, hanya 4 Parpol yang telah memasukan proposal pencairan bantuan dana tersebut. Sementara 4 lainnya terancam tidak dapat menerima bantuan dikarenakan belum memasukan proposal.

“Diantaranya, partai Golkar, PDIP, PKS, Gerindra, Demokrat, PAN, Hanura dan PKB,” ujar Sekretaris Kesbangpol, Hendra Makalalag, Rabu (29/8).

Lanjutnya, 4 Parpol yang telah memasukan proposal, berkasnya akan segera di verifikasi.

“Yang belum memasukan, Partai Golkar, PDIP, PKS dan Gerindra. Sedangkan Empat lainnya belum memasukan. Nah, Parpol yang sudah memasukan proposal tinggal diproses dan menunggu disposisi dari Sekda dan akan diverifikasi,” katanya.

Untuk jumlah  dana bantuan parpol sendiri kata Hendra, masih mengacu pada jumlah tahun sebelumnya.

“Yaitu 9.700 rupiah per suara, jadi kalau Pileg Lima tahun lalu misalnya Golkar memperoleh 1.000 suara, maka jumlah itu yang dikalikan 9.700, nah itu yang akan di bayarkan,” jelasnya.

Ia mengimbau partai yang ada agar segera mungkin memasukan proposal mengingat waktu yang semakin sempit.

“Kita sampai hari ini sudah menurunkan dua surat. Nah, harusnya Agustus ini semua proposal dari Parpol sudah masuk. Sehingga saya berharap untuk segera memasukannya bagi parpol yang belum memasukannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perbendahaan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Syafrudin Abas menambahkan, atas rekomendasi dari BPK dan BPKD , Banpol sudah bisa dicairkan sesuai pengajuan dari Parpol.

“Rekomemdasi dari BPK sudah keluar sehingga sudah bisa di cairkan, kami tinggal tunggu pengajuan dari Parpol melalui Kesbangpol,” kata Abas

Berikut Anggaran Banpol Kotamobagu Tahun 2018

Yang sudah memasukan Proposal :

Partai Golkar.                        : Rp110.240.500

Partai PDI Perjuangan.        : Rp64.990.000

Partai Gerindra.                    : Rp54.465.500

Partai Keadilan Sejahtera   : Rp33.678.400

Yang belum memasukan Proposal:

Partai Amanat Nasional.     : Rp190.162.400

Partai Demokrat.                  : Rp58.655.900

Partai Kebangkitan Bangsa  : Rp46.395.100

Partai Hanura.                      : Rp42.214.400

Komentar