Pemkab Boltim Terima Pembayaran BPHTB sebesar Rp1,7 Miliar dari PT ASA

BNews, BOLTIM – PT. Arafura Surya Alam (ASA) menyerahkan pembayaran pungutan atas perolehan hak atas tanah dan atau bangunan (BPHTB) kepada Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Penyerahan secara simbolis itu dilaksanakan langsung oleh Presiden Direktur PT. J Resources Bolaang Mongondow, Arif Perdanakusumah kepada Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto, bertempat di ruangan Bupati, Rabu, 28 Desember 2022.

“Secara simbolis kami menyampaikan mengenai pembayaran BPHTB sebesar Rp1,7 miliar yang kebetulan sudah kami transfer ke rekening Pemerintah Daerah,” kata Presiden Direktur PT. J Resources Bolaang Mongondow, Arif Perdanakusumah.

Arif menjelaskan, pembayaran BPHTB tersebut untuk tahap pertama pada periode jual beli sepanjang tahun 2022.

“Pembayaran ini adalah pembayaran tahap I dan diperkirakan pada tahun 2023 masih ada beberapa pembayaran BPHTB yang akan dibukukan sebagai bagian dari kewajiban perusahaan terhadap peraturan yang berlaku di Pemkab Boltim,” jelasnya.

Di sisi lain, Arif meminta doa dan dukungan kepada Pemda Boltim dan pihak terkait agar proyek kedua yang akan dimulai pada awal tahun 2023 nanti, dapat terselesaikan dengan baik hingga bisa beroperasi pada akhir tahun 2023.

Arif mengatakan, pihaknya berkomitmen dan niat baik terhadap pengembangan daerah di Boltim dan juga pengembangan masyarakat yang ada di sekitar proyek.

“Insya Allah banyak pekerjaan yang akan dimulai pada awal tahun 2023, diperkirakan proyek ini akan bisa mulai dioperasikan pada akhir tahun 2023. Mohon doa dan dukungannya,” ucapnya.

Selain itu, Arif berharap, dengan terjalinnya kerjasama yang baik antara Perusahaan dan Pemerintah selama ini, pihaknya dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Boltim mulai dari sektor Ekonomi hingga pada sektor sosial kemasyarakatan.

“Mudah-mudahan proyek kami menjadi salah satu proyek pengembangan ekonomi baru di Boltim dan tentunya harapan perusahaan mudah-mudahan perusahan kami bisa memberikan kontribusi baik secara ekonomi maupun terkait dengan kegiatan sosial kemasyarakatan yang ada di Boltim,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto menyampaikan harapan besar kepada pihak perusahaan yang akan beroperasi di Kabupaten Boltim untuk memperhatikan pembangunan sumber daya manusia.

“Saya butuh anak-anak saya bisa bekerja di perusahaan, saya butuh sumbangsi di dunia pendidikan yang sudah dilaksanakan barusan, itu yang sangat saya butuhkan, bukan uang, dan itu saya jaga integritas saya dengan pak arif sebagai Presdir,” kata Bupati.

Sachrul berharap, perusahaan tambang dengan nilai  investasi triliunan ini bisa beroperasi dengan cepat, agar nantinya kedepan, secara ekonomi akan ada perputaran uang di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

“Yang saya harapkan putra putri kita bisa bekerja disana, anak-anak sekolah kita bisa dibantu dengan beasiswa, kemudian ada multiplier effect yang timbul karena ada perusahaan yang beroperasi, dan ini sesuatu yang baik dalam rangka pemulihan ekonomi juga,” harap Bupati.

Reporter: Gazali Potabuga

 

Komentar