KPU Boltim Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS

BNews, BOLTIM – KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), jelang Pemilu Tahun 2024, Selasa (30/1/2024).

Ketua KPU Boltim, Rusmin Mamonto mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi kendala, serta melakukan mitigasi dini pada pemungutan dan penghitungan suara di TPS nanti.

“Kami KPU Boltim gelar simulasi ini untuk upaya sosialisasi kita kepada masyarakat, dan juga berdasarkan imbauan dari KPU RI,” kata Rusmin.

Rusmin menambahkan, kegiatan itu juga untuk mematangkan kesiapan jajarannya dalam menghadapi pemilu.

“Simulasi ini juga untuk memantapkan persiapan personil kita,  mulai tingkatan PPK, PPS hingga KPPS. Sehingga pada Pemilu nanti dapat berjalan aman, lancar dan tertib,” jelasnya.

Rusmin berharap degan adanya simulasi ini, para jajarannya saling berkerjasama dalam menyukseskan Pemilu 2024 yang akan digelar pada 14 Februari mendatang.

“KPU berharap simulasi ini dapat memberikan pemahaman, terutama kepada para KPPS selaku ujung tombak dari KPU agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga pada pelaksanaan pemungutan, perhitungan suara di setiap TPS nanti, bisa selesai dengan hasil yang memenuhi harapan kita bersama,” ujarnya.

Mantan wartawan ini juga menyampaikan Pemilu yang tinggal 15 hari lagi, dijadikan momentum dan sarana untuk memilih pimimpin, bukan dijadikan sebagai sarana bertikai atau memutuskan tali silaturahmi.

“Oleh karena itu mari kita bersama-sama menjaga kemananan ketertiban dan kita sukseskan Pemilu serentak 2024 yang jujur dan adil,” pungkasnya.

Kegiatan simulasi yang dilaksanakan di Lapangan Ambang Desa Modayag, Kecamatan Modayag ini dihadiri Ketua KPU Boltim Rusmin Mamonto bersama anggota KPU Boltim, Ikal Salehe, Wardoyo Elias, Nugroho Lasabuda dan Adchilni Abukasim.

Turut hadir juga unsur Forkopimda, Asisten I Pemkab Boltim, Hendra Tangel, Pimpinan PKS Boltim Rita Lamusu, dan diikuti oleh 100 peserta simulasi yang berasal dari DPT Desa Modayag, para Ketua dan anggota PPK se-Boltim, PPS Kecamatan Modayag, Modayag barat serta KPPS TPS II Desa Modayag.

Penulis: Rizaldi Modeong

 

 

Komentar