KPK Rilis Hasil SPI 2023, Pemda Boltim Raih Nilai Terbaik se Sulut

BNews, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) telah berhasil membuktikan integritas yang kuat dalam penyelenggaraan pemerintahan, dengan meraih nilai terbaik di Sulawesi Utara dalam Survei Penilaian Integritas (SPI) 2023 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Boltim mencetak skor 76,01, naik dari skor 71,94 pada tahun 2022 dan melampaui rata-rata indeks integritas nasional sebesar 70,97.

Prestasi ini menempatkan Boltim pada peringkat keempat dari 15 kabupaten/kota di Sulawesi Utara.

SPI, yang dilakukan oleh KPK, bertujuan untuk mengukur sejauh mana pemerintah daerah berhasil dalam membangun dan menjaga integritas dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Inspektur Daerah Boltim, Ade Herly Mokoginta mengatakan bahwa peningkatan nilai SPI KPK menunjukkan bahwa tata kelola pemerintahan di Boltim telah mengalami peningkatan.

“Dengan naiknya indeks SPI menandakan tata kelola pemerintahan yang baik di Bolaang Mongondow Timur mengalami peningkatan, ini terbukti dari hasil survei penilaian integritas yang naik dari tahun sebelumnya 71,09 naik ke 76,01,” kata Herly, Senin (29/1/2024).

Herly juga mengungkapkan, bahwa hasil survei penilaian SPI KPK adalah bentuk partisipasi masyarakat dalam menilai kinerja Pemerintah Kabupaten Boltim.

“Ini merupakan hasil penilaian dari masyarakat karena yang menjadi responden adalah masyarakat sebagai pengguna layanan,” ujarnya.

Meningkatnya nilai SPI ini juga tidak terlepas dari komitmen Bupati Boltim, Dr (c) Sam Sachrul Mamonto S.Sos M.Si (SSM), dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Boltim.

“Ini tak lepas dari dorongan Pak Bupati SSM untuk terus meningkatkan pelayanan secara prima kepada masyarakat dan juga pak bupati selalu menitikberatkan tentang integritas dalam melayani masyarakat Boltim,” tutupnya.

Penulis: Rizaldi Modeong

Komentar