oleh

Kaban Kesbangpol Boltim Jadi Narasumber Dialog FKUB Boltim

BOLTIM – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Fera Maria Semow, didaulat menjadi salah satu narasumber pada kegiatan dialog Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Boltim, dengan tema ‘Moderasi Beragama Untuk Mewujudkan Toleransi dan Kerukunan Umat’.

Kegiatan tersebut digelar di Kedai D’Katu Desa Tombolikat, Kecamatan Tutuyan, Kamis, 16 Juni 2022.

Fera menyampaikan, pemerintah telah menyadari resistensi konflik antar umat beragama, sehingga berbagai kebijakan telah diterbitkan untuk memperbaiki keadaan tersebut.

“Berbagai rambu peraturan telah disahkan agar meminimalisir bentrokan kepentingan antar umat beragama, lebih khusus di Bolaang Mongondow Timur,” ujarnya.

Lanjut Fera, pemerintah bersama pemuka setiap agama juga ikut andil dalam menciptakan suasana tentram, termasuk kerukunan antara umat beragama.

“Tri Kerukunan umat beragama diharapkan menjadi salah satu solusi agar terciptanya kehidupan umat beragama nan damai, penuh kebersamaan, bersikap toleran, saling menghormati dan menghargai dalam perbedaan,” harapnya.

Fera menegaskan, alam memantapkan kerukunan hidup antar umat beragama harus dibarengi dengan berbagai upaya.

“Salah satu diantaranya,  menciptakan suasana kehidupan beragama yang kondusif, mendukung pembinaan kerukunan hidup intern dan antar umat beragama,” ucapnya.

Menurut Fera, setiap daerah memiliki keunikan tersendiri dalam membangun, memelihara, membina, mempertahankan dan memberdayakan kerukunan umat beragama.

“Ketahanan Nasional adalah kondisi dinamis bangsa dan Negara Indonesia dalam segala aspek kehidupan untuk menangkal segala pengaruh dari berbagai hal. Tugas berat ini tidak hanya terletak di tangan pemerintah, penguasa, dan pemimpin negara, melainkan menjadi tugas seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Reporter: Gazali Potabuga

Komentar