DKP Pastikan Ketersedian Pangan di Boltim Aman

BOLTIM—Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memastikan ketersediaan pangan dalam kondisi yang cukup aman.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas DKP Boltim Ayko Mentemas melalui Kepala Bidang (Kabid) Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Heny Elvandari Mamonto.

“Ketersediaan pangan di Boltim saat ini berada pada titik aman,” katanya kepada Bolmong.News, Selasa 8 Maret 2022, kemarin.

Ia menjelaskan, untuk wilayah Boltim sendiri tidak ada desa yang mengalami krisis pangan, kecuali desa yang terdampak bencana.

Meski demikian, DKP tetap melakukan berbagai langkah mengantisipasti terhadap terjadinya krisis pangan tersebut.

“Kita lakukan survey ke daerah yang mengalami krisis pangan, kemudian mendistribusikan pangan dari daerah sentra pangan ke daerah yang mengalami rawan pangan,” jelasnya, sembari mengimbau agar masyarakat Boltim memfungsikan lahan maupun pekarangan untuk tanaman pangan.

“Ini juga ditujukan agar tidak terjadi rawan pangan dan program desa mandiri pangan bisa terwujud. Semua bisa tercapai dengan adanya kerjasama antara pemerintah desa dan dinas terkait,” tandasnya.

(Gazali Potabuga)

Komentar